Webinar Series SPMB UNS, Kuliah Sesuai Passion di FISIP UNS

Webinar Series SPMB UNS, Kuliah Sesuai Passion di FISIP UNS

Selasa, 16 Maret 2021, pukul 13.00 -15.00 WIB  telah dilaksanakan Sosialisasi melalui zoom meeting dan live youtube, acara ini menghadirkan  pembicara Dekan, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan, Dra. Prahastiwi, Utari, M.Si, Ph.D, dua orang alumni berprestasi yaitu  Sofie Syarief, S.Sos, M.Sc, Executive Producer dan News Anchor Kompas TV Alumni dari Prodi Ilmu Komunikasi,  Maflahah, S.Sos alumni Prodi Sosiologi,  dan dua mahasiswa dari Prodi Ilmu Administrasi Negara Bima Maulana Rahmad Hidayat  dan Prodi  Hubungan Internasional  Marcellina Mutiara Firsty Hanindya. Acara dengan tema  Webinar Series SPMB UNS, Kuliah Sesuai Passion di FISIP UNS, dimoderatori oleh  Koordinator Bidang Penjaminan Mutu dan Pengembangan Naskah Soal Ujian, Dr. Moh. Abdul Hakim, S.Psi., M.A.

Dalam acara tersebut banyak diulik tentang passion apa yang bisa didapatkan oleh calon mahasiswa  saat mereka belajar hingga lulus,  disamping kurikulum yang akan dipelajari  selama di FISIP UNS. Dan tak lupa termasuk dengan kebijakan pemerintah tentang kampus belajar dan UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri  Berbadan Hukum (PTNBH).

Prof. Dr. Ismi Dwia Astuti Nurhaeni, M.Si  dalam sambutannya menyampaikan bahwa  sesuai dengan visi dan misinya,  FISIP UNS  ingin mewujudkan lulusan sebagai calon pemimpin masa depan yang cerdas dan humanis, sebagai lulusan yang memanusiakan manusia dengan terus berkomitmen  mewujudkan masyarakat dunia yang sejahtera.

 

Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset dan Kemahasiswaan, Dr. Prahastiwi Utari  menyampaikan banyak  tentang merdeka belajar yang dilaksanakan di FISIP UNS. Menurut Dr. Prahastiwi Utari , Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk disiapkan menjadi pembelajar sejati yang terampil, lentur dan ulet (agile learner), menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

MB-KM sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi terutama pada Pasal 18  yang menyebutkan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan: 1) mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam program studi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar; dan 2) mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi.

Melalui Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk 1 (satu) semester atau setara dengan 20 (dua puluh) sks menempuh pembelajaran di luar program studi pada Perguruan Tinggi yang sama; dan paling lama 2 (dua) semester atau setara dengan 40 (empat puluh) sks menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di Perguruan Tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi.

Saat ini ada sembilan Program MB-KM yang dikembangkan di UNS yaitu (1) Pertukaran Mahasiswa, (2) Praktik Kerja Profesi, (3) Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, (4) Penelitian/Riset, (5) Proyek Kemanusiaan (6) Kegiatan Wirausaha, (7) Studi/Proyek Independen, (8) Proyek/Membangun Desa, dan (9) Pelatihan Bela Negara. Dikembangkan juga mekanisme rekognisi dan kegiatan penjaminan mutu Program MB-KM yang menjadi bagian dari sistem penjaminan mutu internal di UNS. Penjaminan mutu internal dilakukan melalui pemantauan dan evaluasi serta audit secara periodik dan berkelanjutan yang dilakukan oleh Program Studi, UPPS, dan LPPMP. (Maryani FISIP UNS)