Tim Nataya dari Universitas Sebelas Maret mendapatkan Penghargaan Silver Medal di AISEEF 2021

Tim Nataya dari Universitas Sebelas Maret mendapatkan Penghargaan Silver Medal di AISEEF 2021

Mengikuti perkembangan teknologi dan melihat tren budaya masyarakat modern merupakan salah satu trik tersendiri untuk menyampaikan sejarah dan budaya Indonesia yang kian sepi peminatnya. Nataya hadir dengan konsep smart tourism all-in-app yang membantu memudahkan turis domestik maupun turis asing untuk menjelajah Kota Surakarta dengan lebih mudah

Tim Nataya yang terdiri dari beberapa mahasiswa UNS yaitu Abyan Ajrurrafi Syauqi Prodi Ilmu Komunikasi (2017) FISIP UNS sebagai Ketua Tim dengan  anggota Muhammad Dani Mulyawan dari Prodi Statistika FMIPA UNS; Roisatul Khoiriyati Prodi  Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian  Fakultas Pertanian UNS dan Tasya Ayu Oktayana dari  Prodi Pendidikan Bahasa Jawa FKIP UNS, berhasil meraih juara kedua (Silver medal) di ajang Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 yang dilaksanakan 18 Februari – 22 Februari 2021 melalui aplikasi zoom meeting. Lomba ini memiliki empat tema utama yaitu entrepreneur, enviromental-science, innovative-science, dan social-science.

Lomba Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 diikuti oleh innovator dari seluruh dunia. Total tim yang mengirimkan karyanya ada 450 tim dari kurang lebih 20 negara. Negara-negara yang turut serta antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Nepal, Kamboja, Korea Selatan, US, Iran, Brazil, Turki, Mexico, Thailand, Mesir, Hongkong, Filipina, Rusia, Mesir, Azerbaijan, Sudan, Yaman.

Kegiatan Lomba Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2021 ini berjalan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan oleh panitia. Lomba diadakan melalui zoom meeting dengan 90 juri dari 14 negara. Zoom room berjumlah 12 room dengan sistem question and answer dan setiap tim diberi satu case question. Tidak ada presentasi dalam lomba. Seluruh tim harus mengirimkan requirements yang telah disyaratkan atau nilai akan dikurangi. Setiap tim harus hadir dalam penjurian.

Hasil pemenang diumumkan pada malam penganugrahan tanggal 22 Februari 2021 atau dapat dilihat pada website https://aisef.or.id/. Dalam kompetensi ini tim Nataya Universitas Sebelas Maret mendapatkan penghargaan berupa silver medal. Peserta dinilai berdasarkan inovasi/konsep, estetika, kinerja serta presentasi dari karya.

Menurut Ketua Tim Abyan Ajrurrafi Syauqi dengan keberhasilan ini diharapkan mampu memberikan semangat kepada mahasiswa lain agar terus berkarya dan berprestasi baik di tingkat nasional maupun internasional, dengan terus memperkenalkan serta mempromosikan hasil karya inovasi Nataya kepada masyarakat luas terutama dalam lingkup internasional, juga melindungi budaya bangsa dan branding ciri khas negara supaya tidak kehilangan ciri khasnya.  (Maryani FISIP UNS)