Jalin Komunikasi Antar Angkatan, Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS Selenggarakan Aliansi#1

Jalin Komunikasi Antar Angkatan, Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS Selenggarakan Aliansi#1

Keluarga Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS,  Sabtu, 7 Februari 2021 kemarin menyelenggarakan webinar dengan tema Komunikasi Untuk Resiliensi, Aliansi#1 Alumni Bicara Komunikasi. Acara ini dimulai pukul 09.30-12.00 WIB dan terbuka untuk semua alumni, mahasiswa Ilmu komunikasi  dan calon mahasiswa komunikasi dimanapun mereka berada. Acara ini diselenggarakan juga dalam rangka perayaan ulang tahun Program Magister Ilmu Komunikasi ke-20  (2001-2021)  bertepatan dengan tanggal 18 Januari 2021 kemarin.

Aliansi#1 ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Boedi Prihantoro,M.I.Kom.,  Alumni angkatan 2017 yang menjabat sebagai Manager Sales and Marketing Garuda Indonesia, Makassar; Hendrik Vallen Ayomi, M.I.Kom, Alumni Angkatan 2015 yang menjabat sebagai dosen Ilmu Komunikasi  Universitas Sains dan Teknologi, Jayapura  dan Leb Manira, M.I.Kom.,  Alumni 2016  seorang Adminitrator Pusbudi Nusantara Kedutaan Besar RI Phnom Penh; dengan moderator  Markus Utomo Sukendar, M.I.Kom. yang saat ini menjadi Kaprodi D3 Komunikasi Massa Politeknik Indonusa Surakarta.

Dalam sambutannya  Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si menyampaikan  tema tentang Komunikasi untuk resiliensi yang diangkat pada kegiatan ini sangat relevan dengan situasi pandemik saat ini.

“Komunikasi untuk Resiliensi sebagai kapasitas untuk merespons secara sehat dan produktif ketika menghadapi kesulitan atau untuk mengelola tekanan hidup  dibutuhkan setiap orang, karena akan menjadi sumber kekuatan yang membuatnya mampu bertahan dalam kondisi apa pun.  Situasi pandemik Covid-19 memiliki dampak multisektoral dan cenderung menurunkan kesejahteraan hidup. Tentu kita tidak boleh menyerah dengan situasi ini. Untuk menghadapinya kita harus menjadi pribadi yang resilien. Dalam situasi seperti inilah kita rasakan pentingnya komunikasi agar bisa menumbuhkan harapan dan  optimisme  untuk tetap berpikir positif dan konstruktif dalam situasi apapun, serta bisa berkomunikasi empatik dengan merespons secara tepat kondisi orang lain.”

Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H. M.Hum, saat memberi sambutan mengapresiasi positif atas kegiatan yang dilakukan oleh  para alumni MIKOM dan berharap semoga akan berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat bagi alumni maupun bagi almamater dimasa yang akan datang melalui jalur pendidikan dan penelitian, pengabdian maupun kerjasama sehingga  banyak peluang kolaborasi yang bisa diciptakan, apalagi alumni-alumni  FISIP UNS sangat potensial dan luar biasa. (Maryani FISIP UNS)