FISIP UNS Adakan Sosialisasi Percepatan Persiapan PTNBH UNS

Sejak Oktober  2020, UNS telah ditetapkan menjadi  salah satu Perguruan Tinggi Negeri  Berbadan Hukum (PTNBH). Sebagai salah satu langkah untuk mendukung keberhasilan UNS sebagai PTNBH serta mendukung pencapaian target-target Indeks Kinerja Utama (IKU)  yang dibebankan pada FISIP di tahun 2021 tersebut, maka Kamis, 17 Desember 2020 pukul 10.00-13.00 WIB  telah diselenggarakan  mengadakan sosialisasi PTNBH dan  perencanaan  IKU secara virtual (zoom meeting)  yang dihadiri oleh jajaran Pimpinan dan sivitas FISIP UNS dengan narasumber Rektor UNS, Prof. Dr.Jamal Wiwoho,  SH, M.Hum dengan  Staf Ahli Rektor Bidang Perencanaan Dr. Sutanto, S.Si, D.E.A.

Sebagai pengantar pembukaan kesiapan FISIP UNS dalam mendukung PTNBH-UNS,  Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti, M.Si menyampaikan capaian IKU FISIP UNS 2020 yang terdiri dari  keunggulan dan beberapa hal yang masih perlu dibenahi oleh sivitas FISIP UNS.

“FISIP UNS memiliki Leading the Future Society, sumber daya manusia dan lembaga yang unggul,  Intake mahasiswa baru yang termasuk 10 besar dalam bidang  Sosial Humaniora, menjadi rujukan pembelajaran dan pusat Kepakaran di dalam dan luar negeri,  mahasiswa yang berprestasi  dan alumni hebat,  memiliki Lab UNS TV dan standar mutu,  telah membangun relasi kerjasama  dengan banyak institusi Nasional dan  Internasional,  rutin menyelenggarakan International Conference (ICOSAPS) & Publikasi  Jurnal yang terbit secara rutin,  sehingga FISIP  telah ada dimana–mana.  Hal ini pada akhirnya mendorong  perlunya penciri khusus dalam  menghadapi revolusi industri  yang mengharuskan  para lulusan mampu menghadapi era disruptive”.

Sedangkan dalam paparan dan sambutannya  Rektor UNS menyampaikan bahwa FISIP UNS,  merupakan fakultas pertama yang mengadakan sosialisasi PTNBH dan  perencanaan IKU, untuk itu beliau berharap bahwa FISIP UNS  dapat menjadi motor prestasi dimasa depan.

“Sebagai salah satu usaha dalam  mewujudkan percepatan PTNBH di UNS, maka  ada beberapa  strategi yang telah dipersiapkan  diantaranya adalah UNS  sebagai  universitas muda yang cepat menyesuaikan menuju PTHBH harus bisa menyelesaiakan dan menyesuaikan organ-organ PTNBH dan  berharap apa yang disampaikan akan segera dijalankan melalui kinerja yang baik”.

Mengacu pada  delapan Indikator Kinerja Utama baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia, Dr. Sutanto, S.Si, DEA menyampaikan  beberapa strategi khusus dalam upaya percepatan pencapaiannya.

“Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai strategi khusus dalam upaya percepatan pencapaian PTNBH UNS, diantaranya adalah membuat call center alumni bersama  CDC UNS, penyediaan lowongan kerja secara rutin, melakukan kerjasama ddan gathering dengan  bebrapa instansi atau perusahaan multinasional,  melakukan akuisisi perusahaan yang dapat dipakai sebagai tempat pelatihan mahasiswa dan fresh gradute  sehingga   dapat mendukung dan mempercepat kinerja  UNS melalui pencapaian IKU yang lebih bagus, percepatan otonomi, terciptanya akuntabilitas yang lebih baik, adanya transparansi, finansial  yang lebih kuat dan dapat segera masuk dalam 500 Perguruan  tinggi tingkat internasional”.

Acara sosialisasi PTNBH ini diikuti  secara antusiasn oleh semua sivitas akademik FISIPUNS mengingat saat ini UNS masih dalam masa transisi  dari PTN Badan Layanan Umum  (PTN BLU) menuju PTNBH.  (Maryani FISIP UNS).