Alumni FISIP UNS, Berbagi tentang Ilmu Public Relations dan CSR

Alumni Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS angkatan 1999 yang saat ini juga menjabat sebagai Manager Public Relations (PR) dan Corporate Social Responsibilty (CSR) PT Pertamina gas, Zainal Abidin, berbagi ilmu sekaligus  diskusi dengan mahasiswa ilmu komunikasi peserta  matakuliah spesialisasi Public Relations 1  FISIP UNS mengenai Public Relations dan (CSR). Diskusi dilaksanakan  Senin (20/10) melalui platform Google Meet

Acara dibuka oleh  Monika Sri Yuliarti, M.Si. sebagai salah satu  tim dosen mata kuliah Public Relations. Monika menyampaikan bahwa kuliah tamu adalah hal yang penting dalam pembelajaran sebuah mata kuliah, dan kali ini lebih spesial, karena yang menjadi narasumber adalah alumni. Menurutnya, selama ini fakultas  banyak terputus dengan alumni yang sukses di berbagai bidang, bersyukurlah Mas Zainal Abidin ini mau sharing bidang public relations dan CSR. Harapannya nanti teman-teman mahasiswa bisa menguras dan memeras habis ilmu dari beliau ini. Sehingga berada jauh dari pusat industri saat ini tidak lagi menjadi hambatan.

Dalam paparannya, Zainal menjelaskan, secara sederhana Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu konsep serta tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan sebagai rasa tanggung jawabnya terhadap kehidupan sosial serta lingkungan sekitar di mana perusahaan tersebut berdiri.

Pemaparan materi dan diskusi kuliah tamu berlangsung selama 2 jam, berjalan lancar dan interaktif. Dimoderatori oleh Mitha Sinayang, Zainal menjelaskan materi mengenai CSR Pertamina Gas, perusahaan tempat ia bekerja. Dalam sesi tanya jawab, selain pertanyaan tentang CSR secara khusus, mahasiswa juga banyak yang menanyakan perihal pekerjaan PR secara umum. Menurut Zainal CSR tidak berhenti hanya di donasi saja, tetapi menyentuh banyak aspek kehidupan seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, budaya, dan sebagainya. Yang terpenting CSR bukan hanya tanggung jawab, tetapi merupakan kebutuhan dari perusahaan mengingat perusahaan bersentuhan dengan berbagai aspek kehidupan masyarakat lanjut Zainal.

Public relations memang menjadi salah satu posisi yang vital dalam suatu perusahaan, institusi, maupun organisasi. Zainal menyampaikan bahwa dalam menentukan target CSR, masyarakat dijadikan mitra (artinya posisinya sejajar) dan tidak lupa untuk selalu menjunjung tinggi  local wisdom serta yang terpenting berorientasi pada keberlanjutan program. Sehingga diharapkan hasil akhirnya masyarakat bisa menjadi mandiri serta semakin berkembang tanpa perlu bergantung lagi dengan perusahaan. Karena semakin banyak yg menerima dampak  baik, maka semakin berhasil dan baik pencapaian program CSR tersebut.

Di akhir kuliah tamu Zainal menyampaikan pesan pada mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS angkatan 2018, bahwa Seorang PR harus memiliki banyak wawasan, haus akan ilmu, dan memiliki kemauan untuk terus belajar serta improve kemampuan diri.(Maryani FISIP UNS)