Masa Pandemi, Prodi S1 Sosiologi FISIP UNS Melaksanakan Asesmen Lapangan Secara Daring

Tahun 2020, Prodi Sosiologi FISIP UNS melaksanakan asesmen lapangan dalam rangka visitasi reakreditasi program studi tersebut dalam jaringan (baca: daring/online). Hal ini dikarenakan masa pandemi  covid-19, yang sepenuhnya belum berakhir. Protokol kesehatan diterapkan dalam proses asesmen tersebut yaitu dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan penempatan handsanitizer  dibeberapa tempat sebagai upaya pencegahan covid-19.

Visitasi re-akreditasi lapangan secara daring Prodi  S1 Sosiologi FISIP UNS  dilaksanakan selama dua hari, Jumat-Sabtu, 16-17 Oktober 2020 dengan   Asesor BAN PT, Dr. Azwar, M.Si dari Universitas Andalas Sumatera dan Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag,M.Hum., MA dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Proses asesi dimulai pada pukul 08.15 dengan sambutan Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho,SH, M.Hum  yang menyampaikan beberapa keunggulan yang dimiliki oleh FISIP UNS diantaranya adalah menjadi satu-satunya fakultas yang keempat program studi S1-nya  memiliki ketetatan  masuk 10 besar,  bidang sosial dan humaniora di UNS, disamping keunggulan lain dibidang kerjasama, penelitian, pengabdian, prestasi mahasiswa dan para alumninya.

Sedangkan Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si dalam sambutannya, memberikan gambaran konkrit terhadap keunggulan-keunggulan yang dimiliki FISIP UNS termasuk kesiapannya mendukung UNS sebagai Perguruan Tinggi Negeri  Berbadan Hukum (PTNBH) dan universitas berskala dunia (World Class University) dengan persiapan baik yang berupa sarana dan prasarana maupun sumber daya manusianya.

Hadir dalam proses asesmen lapangan ini jajaran pimpinan Dekanat, Kepala Program Studi dan Dosen Prodi Sosiologi, Tim penyusun borang fakultas dan program studi, Tim Penjaminan Mutu Fakultas dan Program Studi  beberapa mahasiswa dan alumni FISIP UNS yang ditempatkan terpusat di Ruang Seminar FISIP UNS,  untuk mempermudah koordinasi mendapat mengakses zoom meeting dengan jaringan internet yang stabil. Ruang Seminar FISIP UNS yang biasanya dapat ditempati  sekitar 80-90 orang kali ini, hanya diisi tidak lebih dari 35 orang saja dengan  tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran yaitu memberi jarak 1 meter antar personalnya dan menggunakan masker.

Asesmen Lapangan secara daring ini dimulai dengan konfirmasi borang unit pengelola (fakultas) dan pihak yang terlibat adalah tim penyusun borang pengelola (3B), yang dilanjutkan  dengan  konfirmasi terkait pelaksanaan SPMI, pengecekan dokumen dan instrumen penjaminan mutu.  Para asesor dijelaskan oleh Dekan beserta Wakil Dekan terkait dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia sarana dan prasarana, akses komputer dan internet untuk mendukung referensi-referensi perkuliahan secara virtual atau melalui video dan foto. Setelah sholat Jumat, sesi konfirmasi dengan Program Studi yang dipimpin oleh Kepala Program Studi S1 Sosiologi Dr. Argyo Demartoto, M.Si, dilanjutkan dengan wawancara dengan alumni dan mahasiswa. Setelah semua proses asesmen dilakukan diteruskan dengan  pembuatan berita acara dan review  terkait asesmen lapangan yang telah dilakukan.  (Maryani FISIP UNS)