Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS Jadi Juara News Anchor di Ajang MAC#6 2020

Bima Maulana Rahmad Hidayat,  Mahasiswa  Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS, berhasil menyabet predikat “Juara Favorit” kategori  News Anchor dalam ajang perlombaan kepenyiaran “Magenta Announcer Competition” (MAC #6) yang diselenggarakan oleh Magenta Radio Universitas Negeri Yogyakarta sebagai  rangkaian  perlombaan UNYFEST 2020,  memperebutkan piala Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. Acara ini disiarkan secara virtual  Senin, 31 Agustus 2020.

Menurut  Bima Maulana, sebelum dinyatakan sebagai  pemenang, jebolan FiestA Radio FISIP UNS tersebut harus melewati babak penyisihan dengan mengirimkan video dengan konten layaknya News Anchor dengan peserta kategori News Anchor berjumlah sekitar 35-40. Yang kemudian diseleksi oleh pihak penyelenggara untuk menentukan 20 finalis.

Bima masuk dalam  20 finalis terpilih dan harus siap berkompetisi secara virtual dihadapan dewan juri via Google Meet pada Minggu, 30 Agustus 2020. 20 Finalis lainnya pun tidak kalah jago dalam membawakan berita. Karena MAC #6 adalah perlombaan tingkat nasional yang telah diselenggarakan secara rutin oleh Magenta Radio.  Bima harus mempersiapkan diri dengan banyak berlatih membaca berita, olah vocal dan pernafasan serta tidak mengonsumsi makanan berminyak.

Bima merasa senang dan bahagia, karena momen ini merupakan pengalaman pertamanya meraih predikat Juara Favorit di ajang bergengsi seperti MAC#6,  setelah tahun sebelumnya juga berpartisipasi pada MAC#5 2019 namun hanya sebagai finalis. Bima sangat bersyukur mendapat predikat juara,  setelah sekian lama berkecimpung di dunia public speaking yakni penyiar berita di Radio fakultas tahun 2017 yang lalu.(Maryani FISIP UNS) (Foto : Dokumen Bima)