Wujudkan UNS sebagai Universitas Dunia, FISIP UNS Selenggarakan ICOSAPS 2020

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Indonesia (FISIP UNS)  kembali menyelenggarakan  The 6th International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS) 2020 sebagai  salah satu program internasionalisasi FISIP dalam mewujudkan UNS sebagai universitas kelas dunia. FISIP UNS telah  berhasil menjalankan ICOSAPS sebanyak lima kali  dan menerbitkan publikasi dalam prosiding dan jurnal terakreditasi nasional  maupun internasional, hal ini disampaikan oleh Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si  saat membuka kegiatan ICOSAPS 2020 secara online, Rabu, 7 Oktober 2020. FISIP UNS  dengan visi  “Leading The Future Society: Endless and Borderless Improvement”  berdasarkan budaya UNS Active  berkomitmen mewujudkan masyarakat dunia yang egaliter, dengan semangat bergerak maju melalui pemerintahan yang demokratis dan humanis. Melalui prinsip Borderless Improvement FISIP UNS berupaya  mengembangkan kerjasama dan jejaring tanpa batas wilayah untuk mewujudkan masyarakat dunia  yang berkeadilan dan sejahtera secara universal.

The 6th International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS) tahun 2020 mengambil  tema “Strengthening Resilient Society in The Disruptive Era” dilaksanakan selama dua hari Rabu-Kamis, 7-8 Oktober 2020 melalui  media online  atau virtual conference menghadirkan empat pembicara Internasional yaitu Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si (Universitas Sebelas Maret), Prof. Svetlana Bodrunova (St. Petersburg State University Rusia), Prof. Dr. Normah Mustaffa (Universiti Kebangsaan Malaysia) serta Dr. Azhar Ibrahim Alwee (National University of Singapore).

Dalam sambutannya Rektor  UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H, M.Hum memberikan apresiasi atas terselenggaranya  konferensi internasional   ke-6 FISIP UNS ditengah masa pandemi covid-19.  Prof Jamal berharap  dengan penyelenggaraan konferensi internasional ini,  nantinya dapat ikut  mendukung mewujudkan UNS sebagai universitas berkelas dunia, mengingat saat ini UNS  termasuk FISIP  UNS, sedang gencar mewujudkan visi dan meraih berbagai  prestasi.  Tahun 2020,  UNS telah  berhasil masuk diperingkat ke-8 universitas top di Indonesia dan masuk rangking  dunia ke-746 versi 4International Colleges dan  4ICU yang  dilakukan melalui percepatan publikasi dibidang  pendidikan dan penelitian serta pengabdian masyarakat.

baca juga : Resilient Society, Jadi Tema ICOSAPS FISIP UNS 2020

Dr. Andre Rahmanto, M.Si selaku Ketua panitia melaporkan meskipun situasi dalam masa pandemi COVID-19, namun ICOSAPS 2020 telah  berhasil menerima 361 abstrak artikel yang berasal dari 11 negara,  baik dari  dalam  maupun luar negeri. Konferensi ini diikuti dari kalangan  peneliti, dosen, praktisi,  dan mahasiswa dari  berbagai institusi.  Dari sejumlah besar makalah yang diserahkan menunjukkan minat di berbagai bidang seperti  politik, gender, media komunikasi, pariwisata, budaya, globalisasi serta  jaringan masyarakat. Menurut Dr. Andre, Panitia ICOSAPS 2020 juga telah bekerjasama dengan penerbit Atlantis Press, dua Jurnal Internasional dengan indeks scopus dan tujuh  Jurnal Nasional dengan sebuah akreditasi SINTA-RistekBRIN Republik Indonesia. Panitia ICOSAPS 2020 juga telah membagi agenda ICOSAPS 2020 dalam dua sesi yaitu sidang paripurna dan paralel sesi, di mana dalam sesi paralel akan dipilih  20 pemateri untuk mempresentasikan risetnya secara langsung melalui media online dan memilih  20 orang presenter terbaiknya. (Maryani FISIP UNS)