Kompleksitas Perkembangan Isu Kemaritiman, Jadi Tema Webinar Prodi Hubungan Internasional FISIP UNS

Munculnya isu-isu yang mengancam keberlangsungan pengelolaan maritiman di Indonesia, seperti kejahatan maritim (pembajakan, penangkapan ikan illegal, perburuan ilegal, pembuangan limbah, dan penyelundupan), pengelolaan maritim (konservasi, izin pengelolaan, sumberdaya maritim dan lalu lintas laut) dan kedaulatan maritim (batas wilayah, kebijakan maritim, dan kesepakatan maritim internasional) menjadi salah satu hal yang melatarbelakangi kegiatan webinar kemaritiman yang di inisisasi oleh Prodi Hubungan Internasional  dan Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional atau dikenal dengan Himaters.

Webinar  dengan tema terkait “Isu Kontemporer Maritim di Indonesia”,  dilaksanakan Kamis, 1 Oktober 2020 mulai pukul 10.30-12.30 WIB via google meet dan live streaming youtube yang diikuti lebih dari 80 peserta baik akademisi maupun mahasiswa di FISIP UNS. Webinar Prodi Hubungan Internasional ini menghadirkan pakar terkemuka dalam kajian maritim yaitu, Sora Lokita S.H., M.IL. (Asisten Deputi Satu Kemenko Maritim dan Investasi (Marvest) Republik Indonesia) dengan moderator dosen Prodi HI UNS, Randhi Satria S.IP, M.A.

Dalam sambutannya Kepala Prodi Hubungan Internasional, Drs. Ign. Agung Satyawan, SE, S.I.Kom, M.Si, Ph.D menyampaikan tujuan  dan harapan yang  ingin  dicapai dengan pelaksanaan webinar ini adalah memberikan  pengetahuan dan pemahaman  serta membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa Hubungan Internasional utamanya bagi mahasiswa yang memiliki keterkaitan dengan perkembangan isu kontemporer maritim di Indonesia mengingat Negara Repuplik Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 2/3 wilayahnya adalah laut sehingga  bidang Hubungan Internasional kedepan syarat dengan  sebagai persoalan tentang ikan,  perkapalan, batas wilayah dan sebagainya. Melalui webinar ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi Prodi Hubungan Internasional khususnya dalam  menjalin kerjasama dengan  Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI kedepannya.

Dalam paparannya Sora Lokita S.H., M.IL. menyampaikan  beberapa hal terkait dinamika isu maritim  kontemporer baik yang ada di Indonesia maupun dunia internasional,  implikasi dan dampak kemaritiman  internasional terhadap Indonesia, bagaimana peluang Indonesia dalam menghadapi isu maritim internasional kontemporer serta apa yang bisa diambil hikmah dari kajian-kajian penting terkait  isu kemaritim internasional itu sendiri. (Maryani FISIP UNS)