Mahasiswa Baru FISIP UNS Angkatan 2020, Ikuti Acara Pengembangan Soft Skill secara Virtual

Kamis, 17 September 2020, mahasiswa baru FISIP UNS mengikuti pengembangan soft skill melalui webinar  dengan tema  : “Become the real you : Discover yourself through exploration” yang membahas Self Approach (Konsep diri, menguatkan diri dalam kehidupan, cara mempelajari hal baru)   dengan menghadirkan dua narasumber  yaitu : Ifandi Khainur Rahim (CEO “Satu Persen”) dan Raka Ghanisatria (Co-founder “Menjadi Manusia”)  dengan moderator acara Andi Kurniawan.

Ifandi dalam paparannya  menyampaikan  makna dalam mengenal diri sendiri, menekankan bahwa  mengenal diri sendiri itu tak akan luput dari kendalanya  saat itu bisa  mencapai tujuan, dalam hal ini misalnya saat menjadi mahasiswa, yang  ingin mencapai  tujuan dan dengan merencanakan  kapan akan menyelesaikan kuliah bahkan tujuan akhir setelah menyelesaikan perkuliahannya. Hal ini penting karena seseorang dapat melihat dan mengenal posisi saat ini dengan melihat kelebihan dan kekurangan tersebut untuk bisa proses mengembangkannya gunakan selalu filosofi santuy dan bila over thinking into sebisa mungkin hanya dalam pikiran sendiri saja.  Dan cara mengenal diri sendiri bisa  melalui test psikologi, curhat dan persepsi orang lain terhadap diri sendiri.

Sedangkan Raka Ghanisatria, menyebutkan cara mengenal diri sendiri   bisa dilakukan melalui  pengalaman dan pembelajaran hidup yang telah  dijalani selama ini, melalui  berbagai hal yang disukai maupun tidak disukai. Dengan melakukan banyak hal kita jadi tahu apa kelebihan dan kekurangan kita sehingga  kita dapat mengembangkan kelebihan yang dimiliki tersebut. Hal ini membutuhkan waktu dan proses yang panjang dan tak jarang kita juga bisa melakukan dialog dengan diri kita sendiri. Ini hanya salah satu cara atau trik untuk mengembangkan diri. Raka Ghanisatria menambahkan dengan melalui alternatif media dan social-platform seseorang dapat saling berbagi dan  mendengar cerita-cerita tentang kehidupan dari berbagai sudut pandang, yang diharapkan mampu menjadi sebuah tangga untuk mendapatkan setitik harapan bagi mereka yang memiliki persoalan-persoalan dalam kehidupan. Raka berpesan, setiap mahasiswa harus memiliki mindset untuk menjadi diri sendiri dengan  menikmati proses yang ada, mencintai setiap  takdir yang diberikan yang Maha Kuasa serta  selalu memiliki  mimpi setinggi-tingginya dengan tetap merendahkan ekspektasi kita serendah-rendahnya agar kalo berhasil tidak merasa sombong dan bila jatuh tidak terlalu sakit.

Acara ini mendapat sambutan hangat dari semua mahasiswa baru dengan banyaknya audien  yang menyampaikan beberapa pertanyaan  yang berkaitan dengan  teknik public speaking, penggalian potensi diri, dan proses menerima potensi yang ada dan telah dimiliki saat ini. (Maryani FISIP UNS)