376 Mahasiswa Baru FISIP UNS Mengikuti PKKMB UNS Tahun 2020 Hari Ketiga

Sebanyak 376 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) dari Program Sarjana (S1) mengikuti PKKMB atau Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru FISIP UNS  melalui aplikasi zoom meeting dan live youtube, Rabu, 16 September 2020. Dengan mengangkat tema “GAMACAKRA 2020 , Gelora Metamorfosa Semangat Perubahan Menuju Hal yang Lebih Baik”,  mahasiswa baru  FISIP UNS 2020  berusaha mewujudkan semangat perubahan yang diawali dengan memperbahaui versi diri sendiri demi terwujudnya aksi yang lebih baik.

Menurut Ketua Panitia, PKKMB 2020, Nur Afif Ristiyanto  Al-Fadl, kondisi pandemi telah mempengaruhi semua bidang kehidupan  termasuk  bidang Pendidikan.  Segala kegiatan di bidang Pendidikan baik di lingkungan sekolah maupun perguruan tinggi dituntut untuk merubah sistem belajar dari luring menjadi daring, tak terkecuali ospek dan juga program kenal kampus mahasiswa baru atau PKKMB di FISIP UNS.  Kegiatan PKKMB yang seharusnya dilaksanakan luring memaksakan panitia melaksanakan kegiatan ini secara daring. Namun Afif menambahkan bahwa kondisi ini tidak menjadi alasan bagi tim panitia untuk dapat memberikan sambutan terbaik bagi mahasiswa baru terutama mahasiswa baru FISIP UNS. Bahkan dijadikan cambuk dan semangat seluruh panitia untuk mendobrak dan membentuk budaya baru di kepanitiaan PKKMB FISIP UNS 2020: GAMACAKRA.

Sedangkan Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni M.Si dalam sambutannya menyampaikan selamat atas keberhasilan para mahasiswa baru yang telah diterima sebagai sivitas akademik FISIP UNS tahun 2020. Hal ini dikarenakan perjuangan untuk masuk Peguruan Tinggi apalagi perguruan tinggi yang masuk dalam kluster 1 dan cukup difavoritkan dalam bidang ilmu social  termasuk FISIP UNS membutuhkan perjuangan yang cukup berat. Beliau juga  menyampaikan  data ketetatan terkait  Program Stdi yang ada di FISIP UNS. Prodi Ilmu Komunikasi  dengan keketatan 1:68 berada diurutan 1; Prodi Ilmu Administrasi Negara  dengan ketetatan 1:61; Prodi Hubungan Internasional dengan keketatan 1:51 diurutan  keempat dan Prodi Sosiologi dengan ketetatan 1:28 berada diurutan ke 10. Dengan tagline Leading the Future Society, Prof Ismi berharap semua mahasiswa baru FISIP UNS nanti ikut berkontribusi dalam proses pembelajaran tanpa mengenal  batas wilayah, negara termasuk dalam pembelajaran   teknologi informasi menyongsong era merdeka belajar. (Maryani FISIP UNS)