Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Bima Maulana Kenalkan Pemahaman Dasar akan Covid-19

Universitas Sebelas Maret (UNS)  saat ini telah mengembangkan dan menetapkan kebijakan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMPM) yang nantinya akan direkognisi setara dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa. Kegiatan  KKN ini  sekaligus sebagai salah satu upaya kontribusi perguruan tinggi kepada masyarakat.  PKMPM Periode Juli-Agustus 2020 diikuti oleh ratusan mahasiswa termasuk dari FISIP UNS  angkatan 2017.

Bima Maulana Rahmad Hidayat, sebagai salah satu mahasiswa Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS yang tengah mengikuti PKMPM merasa sangat antusias di bawah arahan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tiyas Nur Haryani, S.Sos., M.SI.  Adapun lokasi PKMPM yang Bima lakukan dilingkungan tempat tinggalnyayaitu  di Mandungan RT 003/010 Trangsan, Gatak, Sukoharjo.

Menurut Bima Maulana, kegiatan PKMPM atau yang nantinya direkognisi menjadi KKN Relawan Covid-19 ini lebih banyak dilakukan secara daring mengingat adanya kebijakan physical distancing, walaupun untuk beberapa kondisi  juga menggunakan media tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.  Program dan kegiatan banyak dilakukan dalam bentuk penyuluhan melalui media sosial whatsapp group dan instagram. Salah satu program kerja yang telah dilaksanakan adalah Program Pemahamanan Dasar Covid-19.

Bima menyampaikan saat ini dirinya sudah melaksanakan penyuluhan pemahaman media penularan Covid-19 dan penyuluhan informasi berkenaan terkait tanda dan gejala Covid-19. KKN ini diharapkan dapat menjadi upaya edukasi dan persuasif kepada masyarakat luas khususnya pada masing-masing lokasi tinggal mahasiswa peserta KKN dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan mempertahankan zona hijau di lingkungannya.

Bima Maulana menuturkan harapannya, “Dengan program pemahaman dasar covid-19 ini, warga Mandungan RT 003 semakin tahu dan paham akan bahaya covid-19 yang berimplikasi mau dan mampu melakukan tindakan pencegahan penularan covid-19, selanjutnya outcomenya mampu mewujudkan Mandungan RT 003 aman dan terhindar dari Covid-19 mengingat lokasi KKN sudah berada di kecamatan yang berzona merah”. (Maryani FISIP UNS, foto:Bima Maulana)