Jalin Kemitraan Bidang Pendidikan, FISIP UNS Lakukan Perjanjian Kerjasama dengan FHISIP Universitas Terbuka

Kamis, 9 Juni 2020  Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu  Politik Universitas Terbuka (FHISIP-UT) yang terletak di Jalan Cabe Raya Pondok Cabe Pamulang Tangerang Selatan Banten 15437 dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) yang berada di  Jl Ir Sutami, Nomor 36A Kentingan Surakarta melakukan perjanjian kerjasama  tentang penyelenggaraan bidang pendidikan dan Pengajaran.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Dr. Sofjan Aripin. M.Si selaku Dekan FHISIP UT dengan Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.SI  Dekan FISIP UNS  melalui aplikasi dari microsoft teams http://sl.ut.ac.id/pksuns pada pukul  09.30 sampai dengan 10.30 WIB dan dihadiri secara virtual oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNS Prof. Dr. rer.nat. Sajidan, M.Si , Wakil Rektor Bidang Pengembangan Instititusi dan Kerjasama UT, Staf Ahli Bidang Kerjasama  dan Pembinaan Alumni pada Kantor Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama UT,  Dekan FISIP UNS beserta jajaran Wakil Dekan, Kepala Pusat Pengembangan Hubungan  Internasional  dan Kemitraan LPPM-UT, para Kepala Prodi di FISIP UNS dan Kepala Jurusan  Ilmu Administrasi dan  beberapa Dosen dari FHISIP UT.

Prof. Dr. rer.nat Sajidan, MSi dan Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni,M.Si dalam rangkaian penandatanganan PKS FHISIP UT dengan FISIP UNS

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS, Prof Ismi menyampaikan, apresiasi dimana sebenarnya perjanjian kerjasama antara UNS dengan UT sudah pernah dilakukan, diantaranya menjadi reviewer buku   yang telah diterbitkan oleh Universitas Terbuka, menjadi tutor bagi mahasiswa S1 dan S2  sekaligus sebagai penguji bagi mahasiswa S2. Beliau juga menyampaikan bahwa kerjasama ini akan menjadi lebih afdol apabila penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS)  ini  dapat dilakukan  karena dengan PKS maka kedua belah pihak dapat menyusun perencanaan yang berkelanjutan, strategi-strategi operasionalnya sehingga kedua belah pihak dapat berbagi  keunggulan diantara kedua belah pihak.

Sedangkan Wakil Rektor  Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Prof. Dr. rer.nat. Sajidan, M.Si  menyampaikan kedepan dengan perjanjian yang dilakukan dapat ini dapat terjalin join atau  kolaborasi riset yang sangat bagus memasuki worldclass university, salah satunya melalui perencanaan-perencanaan  kerja yang dilaporkan  dalam  lakerma kemendikbud yang salah satunya sebagai indikator  pemeringkatan perguruan tinggi di di Indonsesia. Beliau menyampaikan, semoga UNS adalah pilihan yang tepat  dalam  melakukan perjanjian kerjasama dan dapat diibaratkan bisa menjadi  bola salju yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

PKS ini merupakan bukti nyata terhadap  Nota  Kesepahaman (MoU)  antara UNS dengan Universitas Terbuka pada nomor kerjasama  56/UN27/KS/2018 dan nomor 477/UN31.WR.4/HK.01.00/2018. Secara umum, tujuan perjanjian kerjasama yang dilakukan ini  menyangkut semua bentuk  kegiatan  dalam rangka pengembangan kelembagaan dengan memanfaatkan sumber daya (SDM) yang dimiliki dalam bidang peningkatan kompetensi SDM dan pengembangan kelembagaan. Diantaranya terkait dengan pemberian pelatihan kepada dosen yang menjadi tutor, pembimbing, promotor, co promotor dan penguji serta melakukan evaluasi kerjasama secara berkala, selain itu juga kedua belah pihak akan menyediakan tutor dalam penulisan buku ajar, soal ujian, pembimbung tesis/disertasi dan pembimbing mahasiswa praktek. Jangka waktu penelitian ini adalah empat tahun terhitung sejak tanggal penandatangan dan dapat diperpanjang atas kesepakatan para pihak. . (Maryani FISIP UNS)