Jelang UTBK dan Proses Pembelajaran Agustus 2020- Januari 2021, FISIP Siap Praktekkan The New Normal

wastafel portabel otomatis dari FISIP UNS

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) beserta semua Fakultas yang  ada di Universitas Sebelas Maret (UNS) menyatakan kesiapannya menuju normal baru (The New Normal), salah satu diantaranya melalui penyediaan sarana dan prasarana pendukung protokol kesehatan normal baru tersebut. Rektor UNS Prof. Dr.  Jamal Wiwoho, SH,M.Hum beserta seluruh Jajaran Pimpinan UNS telah  mengecek kesiapan protokol normal baru di FISIP UNS,  Jumat, 3 Juli 2020 pagi, bertepatan dengan Gerakan UNS Sehari Tanpa Emisi.

Saat ini,  FISIP UNS sudah menyediakan  empat wastafel cuci tangan portabel yang telah dibekali sensor,  sehingga dapat mengeluarkan air secara otomatis. Selain itu, ada dua wastafel lain hasil hibah atau sumbangan  dari  Bank Tabungan Negara dan bantuan untuk  pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Fasilitas  lain seperti  sabun, dan tempat sampah juga telah tersedia dan ditempatkan di dekat tempat cuci tangan.  Keenam wastafel tersebut,  diletakkan  ditempat-tempat yang strategis dan dilengkapi dengan cara cuci tangan yang benar sesuai dengan standar Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Wastafel bantuan dari BTN

Langkah kesiapsiagaan FISIP UNS menghadapi protokol new normal mendapat apresiasi dari Rektor UNS. Sambil berkelakar beliau menyampaikan apresiasi positif  karena saat ini FISIP telah menerapkan protokol kesehatan normal baru. Terbukti sebelum masuk harus cuci tangan, dan nantinya setiap tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang beraktivitas di FISIP UNS tidak perlu memutar/ menekan keran saat mencuci tangan guna menghindari penularan covid-19 akibat memegang atau menyentuh keran air.

Rektor UNS saat memberikan pengajaran singkat bagi para Dekan di lingkunan UNS di ruang kelas dengan pengaturan jarak aman

Sedangkan untuk sarana prasarana pendukung pembelajaran seperti ruang kelas misalnya, FISIP UNS telah  mempersiapkan ruang kelas yang sesuai dan mengikuti protokol kesehatan diantaranya dengan pengaturan  jarak kursi bagi para  mahasiswa serta membatasi jumlah orang didalam kelas.

Untuk pelayanan kantor, FISIP UNS mengikuti Surat Edaran Rektor yaitu dengan pembatasan orang yang keluar masuk perkantoran,  diantaranya melalui sistem piket bagi para tenaga kependidikan, dan pembelajaran daring bagi dosen dan mahasiswa  FISIP UNS. Dan pemberlakuan kebijakan ini akan selalu ini  diupdate sesuai dengan perkembangan yang ada. Kebijakan ini  diambil dengan pertimbangan keselamatan dan kesehatan seluruh sivitas akademik baik  mahasiswa, dosen, tenaga pendidik  dan para  rekanan guna mencegah penyebaran covid-19 dan tidak menjadi kluster baru penularan covid di  lingkungan kampus.