Juli 2020, FISIP UNS Jadi Tuan Rumah dalam Hari Bebas Emisi UNiversitas Sebelas Maret

Menindaklanjuti Peraturan Rektor UNS Nomor 827/UN27/2013 tanggal 20 September 2013 tentang Pedoman Pengelolaan Kampus Ramah Lingkungan (Green Campus) UNS  dan Instruksi Rektor UNS Nomor 6 Tahun 2016 tanggal 2 Juni 2016 tentang Transportasi Ramah Lingkungan  di Kampus UNS perlu  dilakukan  implementasi untuk mewujudkan  UNS sebagai perguruan tinggi ramah lingkungan dengan menyelenggarakan hari bebas emis selama 1 (satu) bulan pada setiap hari Jumat di minggu pertama setiap bulan berjalan.

Untuk Juli 2020, FISIP UNS menjadi tuan rumah dalam Hari Bebas Emisi Universitas Sebelas Maret. Sebagai rangkaian acara dari kegiatan tersebut diawali Pukul 06.30 WIB: Start Rumah Dinas Rektor – Pertigaan Rektorat Kanan – Pertigaan Fakultas MIPA dan Fakultas Pertanian ke  kanan – Gedung Baru Fakultas Pertanian ke arah kiri menuju Fakultas Kedokteran – Terus Ke Utara via Javanologi dan GOR UNS – GOR UNS ke arah kiri via garasi menuju Gedung Biro Kemahasiswaan – Menyeberang via Masjid Nurulhuda arah Kawasan Benteng Pancasila – Gapura Kawasan Benteng Pancasila ke arah kiri – Menuju arah FSRD – Ke kiri arah KOPMA – Sebelah barat Rektorat ke arah kanan menuju KPRI – Ke arah Kiri menuju Fakultas Teknik – Melalui sebalh barat Fakultas Teknik ke arah FEB –  menuju FISIP. kiri arah Fakultas Ekonomi – Melalui jalan samping FEB – Ke arah FISIP melalui jalur sebelah barat FEB – Sampai FISIP untuk Finish dan menaruh sepeda.

Dalam pelaksanaannya ada  beberapa ketentuan diantaranya adalah seluruh aktivitas mobilisasi di lingkungan kampus kentingan UNS dilakukan dengan menggunakan alat transportasi bebas emisi dengan berjalan kaki atau alat transportasi public yang sudah disediakan oleh UNS berupa Bus Kampus. Bagi sivitas akademik yang terpaksa membawa kendaraan pribadi yang bukan kendaraan bebas emisi maka disediakan lahan parkir di Halaman Gedung LPPM dan LPPMP, Halaman Gedung BAPSI, Gedung SPMB dan seputar Stadion.

Pelaksanaan 1 (satu) hari bebas emisi  pada setiap hari Jumat minggu pertama pada bulan tersebut  dimulai pukul 06.00-17.30 WIB. Dan Khusus bagi pihak luar sivitas akademik UNS yang sedang melaksanakan pekerjaan (Penyedia jasa) pada saat pelaksanaan 1 (satu) hari bebas dapat  menggunakan  alat transportasi di lingkungan Kampus Kentingan UNS setelah mendapat ijin dari UNS,

Pelaksanaan 1(satu) hari bebas emisi pada setiap hari Jumat minggu pertama pada bulan berjalan akan ditinjau secara periodic dengan memperhatikan situasi dan kondisi yang berkembang. Ditetapkan tanggal 29 Juni 2020.Kegiatan ini  diikuti oleh Rektor beserta Wakil Rektor, Dekan dan para Direktur, Staf Ahli Rektor, Wakil Dekan, Deputi Humas dan para awak media partner UNS.(Maryani FISIP UNS)