Siapkan Rencana Anggaran 2021, FISIP UNS Lakukan Koordinasi dengan Bidang Perencanaan dan Informasi UNS

Desain pembelajaran yang jelas dari Bidang akademik dimasa covid-19, apakah full daring atau blended yang ditujukan agar dapat terintegrasi dengan  kegiatan di budang, menjadi salah satu pembahasan   dalam  Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana anggaran Belanja FISIP UNS  Tahun 2021, Selasa, 23 Juni 2020 mulai pukul 09.00-12.00 WIB via zoom meeting. Kegiatan ini diikuti oleh jajaran pimpinan dekanat, kepala program studi, para pejabat struktural dan beberapa tenaga kependidikan FISIP UNS dengan narasumber Dra. Mustika Endah Setyandari, M.Si, (Kepala Biro Perencanaan dan Informasi), Dr. E. Muhtar S.Pd, CFrA (Staf Ahli Rektor bidang Keuangan dan Manajemen), Rianita Dwi Astuti, S.Kom, M.Cs (Kepala Sub Bagian Perencanaan) dan Rino Ardhian Nugroho, S.Sos, M.TI, Ph.D (Ketua Komisi E Senat FISIP)

Dalam rapat tersebut juga dibahas tentang  perencanaan penyususnan anggaran belanja yang  berkurang  karena adanya pandemic covid-19 (pendapatan non-UKT) dan kebijakan relaksasi UKT (Pendapatan UKT), untuk itu perlu dilakukan dengan geser ganti dan aksi   kegiatan di triwulan (tw) 3 dan 4 dengan tetap melihat target kinerja utama institusi atau key performance Indicator (KPI) FISIP UNS  yang akan dicapai.

Sebagai langkah antisipasi proses geser ganti dan aksi tersebut, ada beberapa arah strategi yang akan diambil yaitu pertama menyangkut efisiensi,   hal ini bisa dilakukan melalui pengurangan anggaran untuk tercapainya target;  kedua melalui make up yaitu menggunakan kegiatan yang sudah ada untuk mencapai KPI lain contohnya melalui KKN covid-19 yang menghasilkan digitalisasi  kegiatan, Pengabdian jadi paper, yang nantinya akan bertujuan lomba kearah pemeringkatan; ketiga melaksanakan kegiatan berbasis online, dengan melihat contoh kebutuhan video pembelajaran dari bidang 1 kemudian belanja barang oleh bidang 2 (BMN) dikerjakan/diproduksi oleh PH divisi UNS publising dalam bingkai merdeka belajar dan kampus merdeka; dan terakhir keempat Pengawasan, dengan tindakan agar tidak terjadi pemborosan. (Maryani FISIP UNS)