Mahasiswa FISIP UNS Raih Predikat Juara Favorit Video Edukatif Kreatif Cluster Pulau Jawa Tingkat Nasional 2020

Mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS angkatan 2017,   Arum Ambarwangi berhasil meraih predikat juara favorit Video Edukatif Kreatif Cluster Pulau Jawa dalam Competition From Home 2020 Tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Sub Direktorat Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.  Pengumuman pemenang Competition From Home 2020 Tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia  dengan tema It’s not social distancing, just physical distancing,  telah diumumkan Senin, 11 Mei 2020 kemarin.

Dari beberapa kategori yang dikompetisikan, Arum Ambarwangi memilih kategori dalam lomba Video Edukasi Kreatif.  Arum Ambarwangi  memilih tema terkait “Informasi dan Tips menghadapi COVID-19”, karena ia ingin membuat video informasi yang mudah dicerna dan menyenangkan untuk ditonton seputar COVID-19 ini.

Arum Ambarwangi, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS yang berhasil meraih Predikat Juara Favorit Video Edukasi Kreatif di Competition From Home 2020

Adapun tujuan pembuatan video ini, Arum menuturkan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya melakukan physical distancing atau jaga jarak, dan berada di rumah kecuali memiliki pekerjaan yang mengharuskan keluar dan hal-hal penting lainnya, hingga sedikit saran untuk selalu melaksanakan kegiatan sebisa mungkin di rumah.  Hasil akhir yang Arum  harapkan lewat video yang dibuatnya ini, adalah masyarakat dapat menangkap dan memahami informasi dalam video, juga menerapkan physical distancing, sebagai bentuk kontribusi agar pandemi covi-19 di Indonesia ini dapat segera berakhir.  Video ini sendiri lanjut Arum dibuat dan dikerjakan  di rumah dan lingkungan sekitarnya yaitu di jalan  Letjen Suprapto nomor 40 Ungaran Kabupaten Semarang Jawa Tengah, dalam kurun waktu satu hari.

Pengalaman organisasi dan pengalaman lain seperti saat menjadi volunteer Liasison Officer  Solo International Performing  Arts (SIPA) 2019 dan Jambore Fotografi Mahasiswa Indonesia XII di Bali Tahun 2019,   nyatanya telah menjadikan pengalaman bagi Arum Ambarwangi  dalam berkreasi dan berprestasi sesuai dengan  minat dan bakatnya. Untuk itu segenap sivitas FISIP UNS mengucapkan selamat atas performa dan prestasi yang ditorehkan meski keganasan covid-19 sebagai pandemi dunia telah  mengubah beberapa tatanan kehidupan.  Namun  satu poin terkait  anjuran work from home yang membuat semua orang  tidak dapat beraktifitas normal seperti biasanya, namun hal tersebut bukanlah suatu  kendala untuk tetap berkreasi  dan berprestasi lebih baik.  (Maryani FISIP UNS)