Dies Natalis UNS, Prodi Hubungan Internasional Agendakan Seminar Nasional “Mengurai Akar-akar Konflik di Timur Tengah”

Dies Natalis UNS, Prodi Hubungan Internasional Agendakan Seminar Nasional “Mengurai Akar-akar Konflik di Timur Tengah”

Hingga hari ini, kawasan Timur Tengah merupakan kawasan yang menjadi fokus dalam kajian konflik di studi hubungan internasional (HI). Studi kawasan Timur Tengah sangat menarik bagi mahasiswa dan penstudy HI,  karena berbagai dinamika di Timur Tengah, tidak hanya konflik laten bersejarah antara Israel-Palestina, tapi juga berbagai konflik yang terjadi akhir-akhir ini. Diantaranya  konflik Suriah, ISIS, ketegangan antara Iran dan berbagai negara pro AS dan juga situasi yang kusut di Yaman, Irak dan Afganistan.

Untuk mencari dan menelaah konflik di Timur Tengah ini, penting untuk mengkaji secara filosofis akar-akar permasalahan yang membuat konflik di Timur Tengah seakan tak ada habisnya. Mulai dari persoalan sumber daya manusia (SDM), tribalisme, politik sektarian hingga perebutan sumber daya alam (SDA) dan permainan politik negara besar tumpang tindih menjadi sebab musabab yang harus diuraikan untuk jernih melihat akar-akar konflik di Timur Tengah.

Untuk itu dalam rangka memperingati  Dies Natalis Universitas Sebelas Maret ke-44,  Prodi Hubungan Internasional, akan menyelenggarakan  seminar nasional dengan tema “Perspektif Geopolitik: Mengurai Akar-akar Konflik di Timur Tengah”, yang akan dilangsungkan  Kamis, 12 Maret 2020, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB di Aula FISIP UNS,  dengan mengundang narasumber Dr. Dina Y. Sulaeman, pakar kajian Timur Tengah Universitas Padjajaran Bandung dan Prof. Istadiyantha, Guru Besar Kajian Timur Tengah Universitas Sebelas Maret.

Menurut Muhnizar Siagian,S.IP, M.Pol kegiatan seminar nasional ini bertujuan untuk  mendiskusikan perspektif geopolitik dalam melihat konflik di Timur Tengah serta menelaah dengan kritis akar-akar yang menjadi penyebab konflik di Timur Tengah itu sendiri yang akan diikuti  kurang lebih 200 orang dari  kalangan   mahasiswa maupun  para undangan dari FISIP UNS dan luar FISIP UNS. (Maryani FISIP UNS)