Kunjungan dan Benchmaking Senat FISIP UNS di Dua Fakultas Universitas Brawijaya Malang

Dalam upaya pengembangan Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (Senat FISIP UNS) sebagai bentuk peningkatan pendidikan berbasis Revolusi 4.0 di FISIP UNS , Senat FISIP UNS akan melakukan kunjungan dan benchmarking ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) serta Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Kegiatan ini dilaksanakan Rabu, 12 Februari 2020  diikuti oleh Ketua dan anggota Senat serta beberapa tenaga kependidikan FISIP UNS.  Senat fakultas merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi pada fakultas , yang terdiri atas Guru Besar, Guru Besar Emeritus,  Dekan beserta Wakil Dekan, Kepala Program Studi  dan wakil dosen yang ditunjuk.  Penetapan Ketua dan anggota senat Fakultas ini ditetapkan  dengan melalui surat  keputusan Rektor  Universitas Sebalas Maret.  Adapun   agenda yang diharapkan dari kunjungan dan benchmaking ini adalah  mendapatkan informasi  tentang kebijakan senat fakultas di FISIP dan FIA Universitas Brawijaya Malang  yang dapat mendukung peningkatan pendidikan berbasis 4.0 yang meliputi semua Tri darma perguruan tinggi, publikasi, akreditasi, pengelolaan laboratorium, layanan mahasiswa , pembelajaran e learning serta penerbitan buku dan penetapan Hak kekayaan  intelektual (HAKI) bagi Senat FISIP UNS nantinya.

Para delegasi senat FiSIP UNS saat foto bersama di gedung B FISIP Universitas Brawijaya

Kunjungan dan benchmarking senat ini menurut Ketua Senat, Prof. Dr. Mahendra Wijaya, MS  diikuti oleh semua ketua dan anggota senat dari enam komisi senat yang ada, yaitu Komisi A, Komisi B, Komisi C, Komisi D, Komisi E dan Komisi F,  dimana tiap-tiap komisi yang dikoordinir oleh koordinator komisi yang  memiliki tugas dan kewenangan dibidang yang berbeda. Komisi A bertugas merencanakan, merumuskan dan memberi pertimbangan kepada Dekan dalam bidang pendidikan dan pengajaran serta perencanaan kebijakan setiap tahun  bidang akademik, pendidikan dan pengajaran. Komisi B bertugas merencanakan, merumuskan dan memberi pertimbangan kepada Dekan sebagai dasar fakultas berkenaan dengan Pengembangan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Komisi C bertugas merencanakan, merumuskan dan memberi pertimbangan kepada Dekan terkait kebijakan dan pembinaan bidang  kemahasiswaan dan alumni termasuk didalamnya peningkatan jumlah mahasiswa dan dosen sebagai peserta maupun pembimbing  Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Komisi D bertugas merencanakan, merumuskan dan memberi pertimbangan kepada Dekan tentang  kebijakan dasar organisasi, administrasi, keuangan dan kesejahteraan terkait aspirasi dari semua sivitas akademik FISIP UNS. Komisi E bertugas merencanakan, merumuskan dan memberi pertimbangan kepada Dekan terkait  perencanaan kerjasama  pengembangan usaha dan yang terakhir,  Komisi F bertugas merencanakan, merumuskan dan memberi pertimbangan kepada Dekan terkait pertimbangan atas usulan kenaikan jabatan fungsional, Lektor Kepala ke Guru Besar. Hal ini berhubungan dengan informasi kendala dan solusi  proses percepatan kenaikan jabatan guru besar di FISIP UNS.  Kunjungan senat FISIP UNS ke kedua fakultas di universitas Brawijaya ini sudah mendapatkan konfirmasi  kesediaan dari masing-masing senat fakultas tersebut. (Maryani FISIP UNS)

 

 

 

Tags