Tentukan Strategi Pengembangan Institusi, FISIP UNS Inisiasi Diskusi Ilmiah Lewat Forum Doktor

Forum Doktor merupakan ajang diskusi bagi para doktor dan profesor di fisip UNS dalam melihat strategi dan rencana pengembangan fakultas sebagai pendukung capaian kinerja institusi tahun 2020. Diskusi forum doktor fisip UNS dilaksanakan Rabu, 15 Januari 2020 mulai pukul 09.00-11.30 di ruang  sidang 1 gedung 4 lantai 2. Diskusi ini diikuti 20 orang peserta yang merupakan  doktor dan profesor di FISIP UNS. Jalannya acara dipandu langsung oleh Dekan FISIP UNS  Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si.

Dalam paparannya Prof Ismi biasa disapa  menyampaikan saat ini UNS telah memasuki babak baru kepemimpinan dengan lima pilar percepatan  atau akselerasi UNS menuju world class university untuk itu penting kiranya membahas strategi pengembangan institusi termasuk didalamnya rencana strategi universitas maupun fakultas kedepan. Lebih jauh Beliau menyampaikan bahwa FISIP UNS dengan tagline Leading the future society berusaha mewujudkan empat implementasinya yaitu borderless understanding yaitu  berusaha meningkatkan partisipasi aktif dan semangat untuk memajukan  masyarakat sehingga mampu menjadi agent of change dalam usaha meningkatkan kesetaraan di dalam masyarakat, humanism governance yaitu membangun peradaban yang menghargai harkat dan martabat manusia merupakan kontrak sosial antara pemerintah dengan rakyat; diplomacy pancasila yaitu  penguatan dalam diri suatu negara terhadap ideologi dan nilai-nilai yang dimiliki dalam menjaga identitas suatu negara dan keharmonisan antar negara; serta one society one prosperity yaitu kebutuhan akan sumber daya manusia yang tangguh dan toleran dalam menjaga hubungan tersebut dan menciptakan masyarakat dunia yang satu yaitu masyarakat egaliter.

Dr. Drajat Trikartono, M.Si berpendapat saat ini UNS memiliki keunggulan dibidang  energi, pangan untuk fungsional, javanologi, serta vintech yang bisa dikolaborasikan dan dimanfaatkan untuk mendukung pencapaian pembelajaran bagi ilmu ilmu sosial termasuk FISIP  UNS. FISIP UNS bisa mengambil peran melalui  beberapa keunggulan yang ada di UNS  tersebut dengan pendekatan yang disesuaikan  dengan program studi yang ada  seperti Administrasi Negara, Komunikasi, Sosiologi dan Hubungan Internasional.

Sedangkan Rino Ardhian Nugroho, S. Sos, M.TI, Ph.D, yang dulu menjadi tim internasionalisasi  fisip UNS menyoroti masalah yg berkaitan dengan profil lembaga termasuk company profil dan media yang dimiliki sebagai jendela awal mengenal FISIP UNS. (Maryani FISIP UNS)

print