Final Project Public Relations 3, Mahasiswa Ilkom Lakukan Pitching Strategic Public Relation Plan

Memasuki akhir semester, setiap proses pembelajaran berjalan akan dievaluasi, begitupun dengan proses pembelajaran yang dilakukan di Prodi Ilmu Komunikasi FISI P UNS dalam matakuliah Public Relations 3.  Para Mahasiswa Ilmu Komunikasi  yang mengikuti mata kuliah tersebut harus  melakukan presentasi pitching strategic public relations plan sebagai   bagian dari final project mata kuliah Public Relations 3.  Kegiatan  dilaksanakan  Rabu,  17 Desember 2019 di Ruang Seminar FISIP UNS.

Dalam pitching kali ini, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS dibagi menjadi 12 kelompok kecil untuk melakukan riset dan menentukan rencana strategis public relations sesuai dengan kebutuhan klien dari masing-masing kelompok. Adapun strategic public relations plan ini dibuat setelah melakukan riset kurang lebih selama satu bulan.

Dua belas kelompok yang menjalani final project ini terdiri dari Elevate Agency dengan klien Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surakarta, Aruna Agency dengan klien Dinas Pariwisata Kota Surakarta, Adhigana Creative dengan klien The Clean Bar, Padi PR dengan klien Radio Republik Indonesia, Lynx Agency dengan klien PMI Surakarta, Mahabala Agency dengan klien BPPKAD Surakarta, Columba Creative Agency dengan klien PT Rosalia Express, Maleo Agency dengan klien Disparpora Kabupaten Karanganyar, Abhipraya Communication dengan klien Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Klaten, Puan Agency dengan klien Batik Gunawan Setiawan, Smart Advice dengan klien BPBD Kota Surakarta dan U-Forea Agency dengan klien Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

Salah satu dosen pengampu mata kuliah Public Relations 3 Annisaa Fitri, S.I. Kom., M.Si., menyatakan bahwa final project ini bertujuan untuk mensimulasikan kegiatan seorang public relation dalam sebuah instansi yang akan berhubungan langsung dengan stakeholder terkait. Menurutnya, simulasi ini penting untuk membuat mahasiswa lebih memahami peran seorang public relations.  Di sisi yang lain, Annisaa menyatakan bahwa program final project ini bisa melatih kemampuan mahasiswa dalam membuat company profile dan juga proposal strategic public relations plan.

“Mahasiswa Public Relations sudah selayaknya mengetahui bagaimana cara membuat proposal strategic PR plan yang baik seperti apa. Proposal harus to the point, tidak bertele-tele, dan tidak terlalu banyak penjelasan untuk klien,” kata Annisaa.  “Selain itu, proposal harus menyertakan dummy jika memang ingin mengelola akun media sosial dari klien. Dummy ini bertujuan sebagai bukti fisik sebuah PR Agency dalam pembuatan strategi khususnya di media sosial,” ungkapnya.

Selain melakukan presentasi pitching, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS ini juga diharuskan untuk membuat presentasi online yang nantinya akan diunggah ke YouTube Channel dari salah satu dosen yang mengampu mata kuliah Public Relations 3; Likha Sari Anggraeni, S.Sos., M.Soc. Sc.

Menurut Likha, pihak dosen Public Relations 3 sudah berkoordinasi dengan Dekan FISIP UNS untuk membuat presentasi online ini. Presentasi online ini diharapkan dapat meningkatkan daya kreativitas mahasiswa Ilmu Komunikasi.

Likha juga menyatakan, presentasi pitching dan presentasi online strategic public relations plan ini akan membentuk nalar berpikir kritis dan analitis mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS dalam menghadapi tantangan public relations kedepannya. Sehingga, ketika lulus dari UNS, mahasiswa Ilmu Komunikasi UNS khususnya yang mengambil mata kuliah spesialisasi Public Relations dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatnya dengan baik di dunia pasca kampus. (Maryani FISIP UNS) (Foto : Likha A)

print