Ajak Masyarakat Kenal Ilmu Komunikasi, EO Arkananta Gelar Communication For A Day

Ajak Masyarakat Kenal Ilmu Komunikasi, EO Arkananta Gelar Communication For A Day

Terdapat 340 program studi Ilmu Komunikasi di Indonesia dan setiap tahun peminatnya naik 200 persen, berkaca dari hal ini, event organizer (EO) Arkananta besutan mahasiswa dengan spesialisasi Public Relations angkatan 2017, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Sebelas Maret menggelar acara dengan tema communication for a day. Acara diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) kepada masyarakat luas khususnya di kawasan Soloraya.

Communication for a day dilaksanakan Sabtu, 14 Desember 2019, mulai pukul 11.00 WIB dengan pembukaan musik oleh Komunitas Musik FISIP (KMF) dan dilanjutkan dengan rangkaian acara lain seperti Workshop Citizen Journalism, Apresiasi Film, serta talkshow public speaking. Materi Citizen Journalism diberikan langsung oleh dosen profesional jurnalistik Prodi Ilmu Komunikasi UNS yaitu Drs. Mulyanto Utomo,M.Si  dan Al-Ghiffari sebagai mahasiswa D3 Penyiaran FISIP yang menjadi Volunteer iNews TV serta Newsanchor UNS TV.

Menurut public relations Arkananta EO, Maria Alicia, pada sesi apresiasi film, communications for a day menampilkan salah satu hasil karya dari mahasiswa Ilmu Komunikasi yaitu Film Pendek berjudul “Dhayoh”. Film bergenre horror dan drama itu disutradai oleh Arwani Masykur Zakki dan Ahmad Farhan Habib sebagai cameramen. Selain itu, Alfian Rahadian Afif penyiar dari PTPN Radio Solo turut menjadi salah satu pembicara pada sesi Talkshow mengenai Public Speaking. Adapun lomba Citizen Journalism banyak diikuti oleh peserta yang hadir di acara Communication For A Day, dimana melalui lomba ini peserta diajarkan untuk membuat dan mengcover berita yang tidak tersorot oleh wartawan konvensional melalui berbagai platform, salah satunya media online.

Lebih jauh Maria menuturkan dalam rangkaian Communication For A Day, panitia telah berhasil mengumpulkan 75 peserta umum yang diharapkan dapat memberi gambaran dan mengenalkan Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS dimasyarakat mengenai apa saja yang dipelajari dalam Prodi Ilmu Komunikasi khususnya UNS serta prospek kerjanya nanti. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba, diantaranya Juara 3 Winda Ramadaniah, Juara 2 Dina Nur Aini, dan Juara 1 Nun Fatima. (Maryani FISIP UNS) (foto : Maria)

print