Seminar dan Konferensi Nasional Tahunan Sosiologi Perkotaan FISIP UNS 2019

Mahasiswa Sosiologi FISIP UNS Angkatan 2017 kelas B kembali akan menyelenggarakan Seminar dan Konferensi Nasional Sosiologi Perkotaan dengan judul Annual National Conference on Urban Sociology dengan tema besar “Urban Ecology and Community Behavior : Reviving Social Commons”.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Desember 2019, mulai pukul 08.00 – 12.00 WIB di Aula FISIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dijadwalkan hadir sebagai narasumber dalam kesempatan tersebut ada Prigi Arisandi, S.Si, M.Si yaitu Founder Ecoton Foundation, Prof. Dr. Lilik Budi Prasetyo Dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, Dr. Trisni Utami yang juga Dosen di Prodi S2 Sosiologi FISIP UNS serta Muhammad Alif Alauddin sebagai Pemateri Riset.

Menurut salah satu panitia, Putri menyampaikan pengambilan tema besar dilatarbelakangi kurangnya kepedulian dan kesadaran sebagian masyarakat terhadap lingkungan hidup yang menyebabkan timbulnya krisis lingkungan yang mengkhawatirkan. Mahasiswa sebagai generasi milenial  perlu senantiasa membuka wawasan dan  kesadaran akan pentingnya peran  generasi muda sebagai penggerak pelestarian lingkungan dan alam,  terutama di daerah rawan krisis seperti perkotaan sehingga menjadi tempat yang nyaman dihuni dan ditinggali.

Salah satu solusi yang ingin didapat dari acara ini, diantaranya terkait dari riset yang telah dilakukan sebelumnya oleh mahasiswa sosiologi kelas B Angkatan 2017 yaitu mengenai data seputar situasi lingkungan hidup di kota besar 10 tahun ke belakang hingga saat ini, variabel-variabel apa yang menyebabkan terjadinya krisis lingkungan hidup, bagaimana perencanaan dan pengelolaan sosial oleh pemerintah maupun lembaga penelitian, dan sebagainya.
Peserta dalam acara ini ditargetkan dapat merangkul semua stakeholder baik dari kalangan akademisi, birokrat maupun para pegiat lingkungan yang ada di Indonesia. Yang ingin mengikuti acara ini bisa melakukan registrasi melalui https://bit.ly/2rt4JBG. (Maryani FISIP UNS)

print