Gelar Karya Lewat Kamera Analog FFC 2019

Salah satu unit kegiatan mahasiswa FISIP UNS yang komitmen dibidang fotografi yaitu FISIP Fotografi Club  atau biasa disingkat FFC kembali menyelenggarakan gelar karya  lewat kamera analog. Kamera analog  merupakan jenis kamera yang menggunakan  media film untuk  dalam pengambilan  gambar serta proses cetaknya memerlukan waktu guna mendapatkan hasil akhirnya.

Namun proses tesebut akan terbayar saat hasil yang diharapkan sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai apresiasi terhadap karya yang dihasilkan tersebut pengurus FFC mengadakan pameran hasil karya  Basic Training FFC UNS 2019 yang digelar di Public Space 2 FISIP UNS  mulai tanggal 5-7 Desember 2019.   Ada beberapa karya  yang ditampilkan, dan setiap pengunjung yang menyaksikan gelaran tersebut diminta memberita vote suaranya melalui  3 stiker yang diberikan oleh angkatan muda FFC 2019 ini.

Menurut Fara, Evan dan Ninis,  gelar karya ini merupakan pijakan pertama bagi angkatan muda FFC 2019 setelah melewati  beberapa tahap   seperti materi basic training, berburu foto dan menunggu hasil cuci film hingga akhirnya foto yang dihasilkan, dikurasi oleh para kurator foto.  Lebih jauh ketiganya menyampaikan bahwa dari 51 peserta dengan 120 foto yang masuk tahap seleksi  maka terpilih beberapa  karya yang layak dalam pameran gelar karya ini.  Mereka juga menyadari  bukan hal yang  yang mudah untuk mengubah kebiasaan dari yang praktis menjadi rumit, apalagi dalam kamera  analog  juga menggunakan roll film yang hanya memiliki 36 kali kesempatan pengambilan gambarnya. (Maryani FISIP UNS)