FISIP UNS Tanda Tangani Kontrak Kerjasama dengan Komnas HAM

FISIP UNS Tanda Tangani Kontrak Kerjasama dengan Komnas HAM

Bertempat di Aula FISIP UNS, Selasa,26 November 2019,  telah dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara FISIP UNS dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)  Republik Indonesia  tentang Kerjasama Pemajuan Hak Asasi Manusia melalui Program Melaung  Hak Asasi Manusia Bersama Kaum Muda Universitas Sebelas Maret.  Nota kerjasama tersebut ditandatangani oleh Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si  dengan  Komisioner  Sub Komisi Pendidikan dan Penyuluhan Komnas HAM RI, Beka Ulung Hapsara.

Penyelenggaraan  kegiatan “Melaung Hak Asasi Manusia Bersama Sivitas Akademika UNS” yang dilaksanakan mulai pukul 09.00-17.00 WIB,  ini merupakan salah satu perwujudan implementasi dari Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Komnas HAM dengan kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) yang ditandatangani sebelumnya oleh Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik dan Rektor UNS periode 2015-2019,  Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS  pada 1 November 2018 sebagai salah satu bentuk kerjasama dalam  mendorong pemajuan HAM melalui Tridharma Perguruan Tinggi, serta terwujudnya penguatan, pelaksanaan, perlindungan dan penghormatan HAM serta untuk memperkuat sinergisitas hubungan kelembagaan antara kedua belah pihak melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Komnas HAM merupakan  sebuah lembaga mandiri yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya yang memiliki mandat pemajuan hak asasi manusia di Indonesia. Sesuai dengan Pasal 76 UU No. 39/1999 tentang HAM, dijelaskan bahwa untuk mencapai tujuannya, Komnas HAM melaksanakan fungsi pengkajian, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan mediasi tentang hak asasi manusia. Dalam penandatanganan tersebut, dinyatakan bahwa selama ini UNS juga memiliki komitmen  terkait penegakkan HAM di lingkungan kampus, di antaranya dengan memberi fasilitas penunjang mahasiswa difabel, memberikan kemudahan akses perkuliahan bagi mahasiswa kurang mampu dan lain-lain.

Acara yang dilangsungkan berbarengan dengan rangkaian kegiatan talkshow, paralel workshop, pemutaran film, pameran foto  serta harmoni HAM ini, dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, ST, MT dan diikuti  lebih dari 250 peserta baik yang berasal dari kalangan akademisi,  beberapa perwakilan penyintas (korban kekerasan HAM) serta pegiat HAM di Indonesia. (Maryani FISIP UNS)

print