Buka Kesadaran Hak Asasi Manusia, FISIP UNS Bekerjasama dengan Komnas HAM dan Indonesia untuk Kemanusiaan

Buka Kesadaran Hak Asasi Manusia, FISIP UNS Bekerjasama dengan Komnas HAM dan Indonesia untuk Kemanusiaan

Hari Hak Asasi Manusia (HAM) seluruh dunia diperingati setiap tanggal 10 Desember. Sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya perspektif HAM dan inklusi sosial dalam pembangunan khususnya di Indonesia dan lingkungan kampus, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS), Komisi Nasional (Komnas) HAM dan Indonesia untuk Kemanusiaan atau Indonesian for Humanity  (IKa) menyelenggarakan rangkaian acara “Melaung Hak Asasi Manusia bersama Sivitas Akademika UNS”.

Melaung Hak Asasi Manusia bersama Sivitas Akademika UNS ini diselenggarakan selama dua hari yaitu 26-27 November 2019 dipusatkan di beberapa lingkungan  FISIP UNS seperti Aula, Ruang Seminar, Public Space dan Hutan FISIP.  Melaung sendiri diartikan sebagai menyeru dengan suara kuat dan nyaring, atau berteriak kuat-kuat. Beberapa rangkaian acara digelar  dengan mempertemukan konsep dan praktik Hak Asasi Manusia dan inklusi sosial di kalangan sivitas akademika dengan kegiatan seperti seminar publik, paralel workshop, pameran foto, pentas musik dan napak tilas sejarah reformasi 1998.

Menurut penanggung jawab acara dari FISIP UNS, Akhmad Ramdhon, S.Sos, MA dengan kerjasama yang telah dilakukan dengan beberapa pihak ini diharapkan mampu mengisi dan memberi warna terhadap  ruang-ruang pertemuan  yang  akan meningkatan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya inklusi sosial dalam pembangunan bagi sivitas kampus,  terjadinya  pertukaran pengetahuan dan pembelajaran antar generasi, serta semakin tumbuhnya  kesadaran guna memperkuat kerja-kerja bagi korban pelanggaran HAM. (Maryani FISIP UNS)

print