Tiga Belas Artikel Ilmiah (Paper) Mahasiswa FISIP UNS dipresentasikan di Konferensi Internasional Malaysia

Tiga belas  artikel ilmiah mahasiswa Program Doktor Ilmu Komunikasi FISIP UNS dipresentasikan di Konferensi MENTION 2019 yang bertemakan “Media and Communication in a Changing World”  yang diikuti oleh peserta dari berbagai belahan dunia seperti Indonesia, Nigeria, Inggris, Iran, dan masih banyak negara lainnya.  Abdul Latiff Ahmad selaku Ketua Pelaksana dalam MENTION 2019 menjelaskan bahwa total pemakalah sekaligus peserta pada konferensi internasional kali ini terdapat kurang lebih 250 orang dengan jumlah lebih dari 100 paper dari  para pemakalah yang berasal dari berbagai negara.

Menurut Likha Anggreni,S.Sos,M.Soc,Sc salah satu dari tiga dosen yang mendampingi para mahasiswa ini dan juga salah satu tim internasionalisasi dari FISIP UNS,  menyampaikan bahwa 13 paper karya mahasiswa Program Doktoral Ilmu Komunikasi FISIP UNS  dipresentasikan dalam bentuk Colloqium Paper di Hotel Terena, Bangi, Malaysia yang dilaksanankan Kamis-Jumat, 21-23 November 2019 waktu Malaysia.

Selain bertindak  sebagai presenter dalam  kegiatan konferensi internasionalnya, turut terlibat 7 mahasiswa dari Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS yang bertindak sebagai partisipan yang nantinya juga akan mengikuti kegiatan Clinic Jurnal Scopus sebagai langkah untuk menghasilkan output publikasi Jurnal International ter-indeks Scopus.

Secara keseluruhan  delegasi dari FISIP UNS selain mahasiswa dari Program Doktor dan Magister ilmu komunikasi juga ada tiga  dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS yaitu Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D, Dr. Andre Rahmanto, S.Sos., M.Si, dan Likha Sari Anggreni, S.Sos., M.Soc.Sc.yang bertugas mendampingi mahasiswa dalam mengikuti rangkai acara di Universiti Kebangsaan  Malaysia. Dalam rangkaian kegiatan ini  juga diagendakan  renewal Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Sebelas Maret dengan Univesiti Kebangsaan Malaysia serta Program Student Exchange for Colloqium Paper and Clinic Journal di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

Lebih jauh Likha Anggreni menyampaikan bahwa colloqium Paper merupakan  wadah mahasiswa mempresentasikan paper yang nantinya akan di-submit ke dalam jurnal Scopus. Hal ini tentunya menjadi pengalaman berharga bagi mahasiwa, di mana selain menulis paper mereka juga mendapatkan pengalaman untuk mempresentasikan papernya di luar negeri dengan disimak oleh partisipan dari berbagai negara. Output dari rangkaian acara tersebut nantinya diarahkan menjadi salah satu hasil dari program kerja fakultas yang akan meningkatkan  KPI FISIP dan juga peningkatan Program Internationalisasi yang dikembangankan UNS saat ini. Kedepan program ini perlu dilanjutkan dan menjadi peluang dibukanya kesempatan untuk para mahasiswa Program Pascasarjana FISIP UNS untuk menggali potensinya dan sekaligus turut berkontribusi dalam kegiatan international demi kemajuan UNS di masa mendatang. (Maryani FISIP UNS)

print