Prodi S2 Sosiologi FISIP UNS Selenggarakan Seminar Nasional dan Call for Paper “Migran Worker an Gender”

Prodi S2 Sosiologi FISIP UNS Selenggarakan Seminar Nasional dan Call for Paper “Migran Worker an Gender”

Peran buruh migran perempuan secara ilmiah telah menjadi kajian yang hasilnya menunjukkan bahwa partisipasi perempuan dalam persoalan ekonomi dan juga politik mengalami peningkatan secara signifikan. Signifikansi ini menunjukkan bahwa kedudukan perempuan dalam ranah domestik dan sosial serta ekonomi menyebabkan adanya perubahan stigma tentang bagaimana perempuan di tempat kerja.

Sebagai bagian  tanggung jawab moral dan sosial terhadap fenomena wanita pekerja tersebut Prodi S2 Sosiologi FISIP UNS akan menyelenggarakan seminar nasional dan  call for paper dengan tema  “Migran Worker  an Gender”. Kegiatan ini akan dilaksanakan Rabu,  20 November 2019 mulai pukul 09.00-14.00 WIB di Aula FISIP UNS dengan menghadirkan  dua narasumber yaitu Wida Ayu Puspitosari S.Sos, MA dari Universitas Brawijaya dan  Anggaunita Kiranantika S.Sos MA dari Universitas Negeri Malang dimana keduanya  merupakan wakil Indonesia dalam konferensi internasional EuroSEAS di Berlin, September 2019 lalu.

Menurut Kepala Prodi S2 Sosiologi FISIP UNS, Dr. Trisni Utami,M.Si, seminar ini  diselenggarakan dengan tujuan untuk menunjukkan bagaimana pergeseran peran sosial dan ekonomi dari perempuan, khususnya buruh migran, dan kemudian juga menunjukkan bagaimana ekspektasi peran perempuan berdasarkan gender. Kegiatan seminar akan diawali dengan kategorisasi topik yang hendak diajukan sebagai seminar. Selain itu  dengan pelaksanaan seminar ini nantinya  diharapkan dapat terjalin kerja sama dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat  antara FISIP UNS, khususnya Program Studi S1 dan S2 Sosiologi, dengan FISIP Universitas Brawijaya dan FISIP Universitas Negeri Malang. (Maryani FISIP UNS)

print