Reformasi Birokrasi sebagai Agenda Birokrasi Multidimensional  Indonesia

Reformasi Birokrasi sebagai Agenda Birokrasi Multidimensional Indonesia

Program Studi Administrasi Negara FISIP UNS telah menyelenggarakan Call for Papers dan Seminar Nasional Administrasi Publik Tentang Agenda Reformasi Birokrasi dengan tema “Relasi Governansi dalam Agenda Reformasi Birokrasi Multidimensional di Indonesia  dengan topik kajian tentang Pengawasan dan Akuntabilitas,  Aparatur Sipil Negara (ASN),  Administrasi Pemerintahan,  layanan Publik dan Organisasi Publik dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Eko Prasodjo, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia) sebagai keynote speaker dan Drs. Teguh Wijanarko,M.PA dari Kementerian PANRB dan Dr. WaluyoMarto Wiloto dari Komisioner Monitoring dan Evaluasi Komisi Aparatur Sipil Negara serta  Dr. Kristina Setyowati,M.Si, Kepala Prodi  Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS) yang  dilaksanakan Kamis, tanggal 12 Juli 2018 di Hotel Syariah Solo mulai pukul 08.30-16.30 WIB.

Hal ini dilatarbelakangi  oleh harapan dan  cita-cita  dalam setiap kemajuan bangsa atau Negara, melalui upaya menjadikannya  lebih maju dan beradab diperlukan beberapa rancangan sekaligus perubahan yang saat ini sering dikenal sebagai upaya reformasi birokrasi. Untuk mewujudkan reformasi birokrasi sesuai dengan yang diharapkan tersebut dibutuhkan  keseriusan dari stakeholder atau pihak-pihak terkait. Bukan hanya dari para birokrat saja melainkan semua elemen masyarakat harus mau bekerja dan berpartisipasi.

Perbaikan administrasi pemerintahan dengan otonomi daerah serya penggunaan teknologi informasi yang diseimbangkan dengan revitalisasi birokrasi, layanan public serta pembenahan tata kelola pemerintahan  termasuk didalamnya pembenahan dalam bidang ekonomi nasional sangat diperlukan. Dengan sinergi dianatara  para birokrat, para politisi, akademisi dan masyarakat akan mampu menjadikan komitmen bersama akan pemerintahan dan birokrasi yang jujur akan dapat diwujudkan

Dalam sambutannya Kepala Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS, Dr. Kristina Setyowati,M.Si  menyampaikan bahwa kegiatan seminar dan call for paper dengan tema “Relasi Governansi dalam Agenda Reformasi Birokrasi Multidimensional di Indonesia” layak diselenggarakan dengan pertimbangan bahwa dengan semakin meningkatnya berbagai persoalan yang disebabkan oleh sistem birokrasi Indonesia, semakin disadarinya peran ilmu pengetahuan sebagai salah satu cara atau strategi dalam mencari resolusi permasalahan terkait birokrasi, korupsi dan penyimpangan dalam hokum dan tata laksana pemerintahan dan tak lupa, semakin disadarinya  peran perguruan tinggi dalam mensosialisasikan nilai-nilai pengetahuan terkait birokrasi publik.

Dr. Kristina berharap semoga dengan penyelenggaraan seminar dan call for paper yang diikuti lebih dari 90 orang dari berbagai instansi di Indonesia ini mampu memberikan penguatan materi, pemikiran futuristic serta jalinan kerjasama beberapa intansi  terkait birokrasi publik, pencegahan korupsi dan  penyimpangan  kasus-kasus di Indonsia bagi para akademisi maupun para birokrat serta pembuat kebijakan . (Maryani FISIP UNS)

print