Mahasiswa Warren Wilson College Amerika Serikat  Pelajari Ragam Budaya Jawa

Mahasiswa Warren Wilson College Amerika Serikat Pelajari Ragam Budaya Jawa

Agenda lanjutan dari Student exchange tujuh mahasiswa WWC Amerika serikat berlanjut di Hari Jumat, 25 Mei 2018  yang bertempat di Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNS,  para delegasi mahasiswa dari WWC Amerika Serikat itu mengikuti sesi diskusi mengenai Javanologi, yang terlaksana atas kerjasama FISIP UNS dengan Pusat Studi Javanologi LPPM UNS. Diawali dengan pemaparan mengenai Javanologi oleh Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D. para mahasiswa dari WWC Amerika Serikat tersebut tampak antusias mengikuti kegiatan ini. Terlebih lagi, pada bagian kedua dari kegiatan ini, empat mahasiswa WWC berkesempatan memakai busana Jawa lengkap dengan blangkon dan kerisnya. Ahli busana Jawa dari Keraton Surakarta turut hadir dalam sesi pemakaian busana Jawa ini sembari menjelaskan filosofi dan pakem-pakem dalam penggunaan bagian-bagian dari busana tersebut, saat memakaikan busana Jawa pada dua mahasiswa dan dua mahasiswi peserta kegiatan student exchange tersebut.

Baca juga : Belajar Singkat Budaya Jawa,Tujuh Mahasiswa Warren Wilson College Amerika Serikat Kunjungi FISIP UNS

Rangkaian kegiatan ditutup dengan mengunjungi workshop pengrajin gamelan ‘Ari Gongso’ yang terletak di Desa Wirun, Mojolaban, Sukoharjo. Di workshop tersebut, pengrajin sedang melakukan proses pembuatan gong besar dan para mahasiswa peserta student exchange tampak antusias mengamati proses tersebut. Selama mengikuti beragam agenda kegiatan ini, delegasi student exchange dari WWC Amerika Serikat juga didampingi oleh beberapa mahasiswa FISIP, sehingga mereka pun bisa saling bertukar informasi dan cerita mengenai pengalaman menjadi mahasiswa di Indonesia maupun di Amerika Serikat, karena delegasi student exchange ini semuanya baru pertama kali mengunjungi kota Solo. (Maryani FISIP UNS)

Baca berita terkait :Media Wayang sebagai Pembelajaran Soft Power Diplomacy Jadi Agenda Student Exchange Mahasiswa WWC Amerika Serikat

print