Media Wayang sebagai Pembelajaran Soft Power Diplomacy Jadi Agenda Student Exchange Mahasiswa WWC Amerika Serikat

Media Wayang sebagai Pembelajaran Soft Power Diplomacy Jadi Agenda Student Exchange Mahasiswa WWC Amerika Serikat

Agenda kegiatan yang telah dipersiapkan oleh tim internasionalisasi  FISIP UNS terkait Student Exchange dengan beberapa mahasiswa dari Warren Wilson College (WWC) Amerika Serikat  adalah  pembelajaran soft power diplomacy melalui media wayang. Rombongan dari WWC tiba  yang tiba di UNS, pada hari Kamis, 24 Mei 2018,  diterima langsung oleh Wakil Rektor bidang Akademik UNS, Prof. Drs. Sutarno, Ph.D. didampingi  oleh Tim Internasional Office (EO) di Gedung Rektorat UNS.  Selesai ramah tamah di rektorat para rombongan diarahkan  ke FISIP UNS untuk bertemu dengan jarajaran Pimpinan FISIP UNS.

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS,  Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. menyampaikan terima kasih atas keberlanjutan dari kerjasama yang telah dijalin baik selama ini yaitu  kolaborasi akademik  dengan penulisan artikel, kunjungan dosen (Lecture exchange) diantara kedua belah pihak dan sekarang melalui kunjungan mahasiswa yang diharapkan dengan pertukaran mahasiswa (student exchange)  saat ini. Setelah mengikuti pertemuan singkat dengan Dekan FISIP UNS, rombongan delegasi student exchange dari WWC Amerika Serikat menuju Ruang Sidang 1 Gedung 4 FISIP UNS untuk mengikuti kegiatan diskusi mengenai soft power diplomacy dengan menggunakan wayang bersama Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA.

Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa berkesempatan menjajal memainkan wayang kulit sekaligus mendapatkan penjelasan mengenai filosofi bentuk-bentuk bagian tubuh dari wayang. Masih berkaitan dengan wayang, agenda selanjutnya adalah mengunjungi Sanggar Gogon, di mana mereka belajar mengenai cara pembuatan wayang kulit. Sanggar ini letaknya tak jauh dari kampus UNS. Malam hari, agenda masih berlanjut yaitu menonton pertunjukan Wayang Wong Sriwedari di Taman Budaya Sriwedari Solo dengan lakon ‘Geger Mahespati’. (Maryani FISIP UNS)

Baca berita sebelumnya : Belajar Singkat Budaya Jawa,Tujuh Mahasiswa Warren Wilson College Amerika Serikat Kunjungi FISIP UNS

print