Workshop Penyusunan Borang Akreditasi Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS Tahun 2018

Workshop Penyusunan Borang Akreditasi Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS Tahun 2018

Standar mutu pendidikan tinggi di Indonesia  mengacu pada Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), di UNS implikasi dari standar mutu ini dilakukan  melalui penjaminan mutu  internal maupun eksternal  sehingga terpenuhi tuntutan sistem Akreditas BAN –PT.  Saat ini Program Studi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS  telah memiliki status akreditasi B dan diharapkan  meningkat menjadi A pada reakreditasi di tahun 2018 ini.

Padahal  dalam proses akreditasi tersebut dibutuhkan borang yang valid dan akurat sehingga untuk mempersiapkan borang tersebut, Prodi Magister Ilmu Komunikasi telah membentuk Tim POKJA yang bertugas untuk menyusun sekaligus memperbaiki standar borang akreditasi yang berjumlah tujuh  standar dari  Prodi Magister  Ilmu Komunikasi melalui Workshop Penyusunan Borang Akreditasi Prodi Magister Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) .

Workshop penyusunan borang akreditasi Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP UNS diselenggarakan pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 di Hotel Sahid Jaya solo yang dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, Kepala Prodi dan  para pengajar Prodi Magister Ilmu Komunikasi, serta pejabat struktural di FISIP UNS.  Hasil review draf  penyusunan borang ini akan dibawa ke forum pleno finalisasi borang akreditasi Prodi Magister Ilmu Komunikasi sebelum dikirimkan ke  Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) adalah sistem yang dikembangkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas proses akreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh BAN-PT. SAPTO mendukung setiap proses yang dilakukan dalam akreditasi seperti pengajuan usulan akreditasi oleh perguruan tinggi, pemeriksaan dokumen, penugasan asesor dan validasi yang dilakukan, proses asesmen kecukupan (AK) dan asesmen lapangan (AL) oleh asesor. Lewat  sistem SAPTO ini nantinya Prodi Magister Ilmu Komunikasi  akan mengirimkan borang akreditasi lewat akun sebagai kode perguruan tinggi yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) . (Maryani FISIP UNS)

print