Tingkatkan Indeks Publikasi, FISIP UNS Selenggarakan Pelatihan Teknologi  dan Sistem Informasi

Tingkatkan Indeks Publikasi, FISIP UNS Selenggarakan Pelatihan Teknologi dan Sistem Informasi

Untuk mewujudkan UNS sebagai salah satu the world class university maka kemampuan sumber daya manusia sangat diperlukan, salah satunya dari kemampuan dosen sebagai tenaga pendidik terutama dalam kemampuan di bidang teknologi dan sistem informasi yang saat ini telah berkembang pesat. Menjawab segala permasalahan tersebut Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) memberikan mandat terkait penyelenggaraan kegiatan perkuatan institusi (PPI) untuk penguatan research group (RG) dimasing-masing ini unit atau fakultas termasuk Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS dalam upaya peningkatan indeks publikasi, peningkatan revenue generating serta peningkatan peran dalam pemecahan masalah pembangunan.
KPPMF FISIP UNS, Dr. Rutiana Dwi Wahyuningsih, M.Si menuturkan bahwa banyak hal telah dilakukan di tahun 2018, diantaranya terkait kajian dokumentasi profil P2M FISIP dengan output pemetaan kinerja P2M RG FISIP  2017-2018 dan publikasi dan diseminasi hasil P2M FISIP.  Dan salah satu bentuk kegiatan yang telah dilakukan adalah penyelenggaraan pelatihan pemanfaatan Mendeley dan pelatihan penelusuran informasi dan peningkatan sitasi publikasi penelitian yang dilaksanakan Senin, 14 Mei 2018 di Hotel Lodji Jl. Hasanuddin Punggawan Kota Surakarta dengan narasumber Mulyadi, SE, M.Ec.Dev, (Dosen FEB UNS) dan Dr. Muhammad Rohmadi , M.Hum (Kepala UPT Perpustakaan UNS).
Lebih jauh  Dr. Rutiana menyampaikan bahwa secara keseluruhan output dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah setiap anggota RG di FISIP UNS khususnya mampu memanfaatkan Mendeley sebagai suatu alat untuk pengayaan penelusuran referensi dan berbagi hasil riset dengan jaringan tim peneliti lain sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas riset serta mampu mencegah plagiasi , meningkatkan keahlian dalam penelusuran informasi dan pada akhirnya berdampak pada peningkatan kualitas indeks peneliti itu sendiri. (Maryani FISIP UNS)

print