Pembekalan Magang Kuliah Kerja Komunikasi Tahun 2018

Pembekalan Magang Kuliah Kerja Komunikasi Tahun 2018

Kompetisi yang semakin ketat dalam dunia kerja menjadi pertimbangan mendasar bagi Program Studi Ilmu Komunikasi mempersiapkan lulusan yang kuat dan mumpuni dalam penguasaan teori maupun praktik. Keseimbangan dalam penerimaan materi-materi perkuliahan baik secara teoritis maupun kemampuan praktik ini harus dimiliki oleh para mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi saat mereka terjun di dunia industri media massa, advertising, maupun public relation (kehumasan).

Berawal dari itulah, maka Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS menerapkan satu mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa, yaitu “Kuliah Kerja Komunikasi” atau disingkat “KKK”  atau kuliah magang di institusi kerja di seluruh wilayah Indonesia, meliputi  Jakarta dan sekitarnya (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi atau biasa dikenal dengan Jabodetabek), Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Jawa Timur dalam kurun waktu kurang lebih tiga  bulan.

Salah satu mekanisme dari kuliah kerja komunikasi adalah  pembekalan kuliah kerja komunikasi yang dilaksanakan rutin tiap tahun  menjelang keberangkatan mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNS  ke lokasi magang. Untuk pembekalan magang di tahun akademik  2018/2019 dilaksanakan di Aula FISIP UNS Gedung 1 lantai 2, Senin, 7 April 2018 mulai pukul 09.00-12.00 WIB . Acara diikuti oleh seluruh mahasiswa Prodi  Ilmu Komunikasi angkatan 2015 yang  akan berangkat magang di periode Juli-Agustus 2018.

Kaprodi Ilmu Komunikasi Sri Hastjarjo,S.Sos, Ph.D saat memberikan sambutan dalam Pembekalan Kuliah Kerja Komunikasi Tahun 2018/2019

Acara dibuka oleh Kepala Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS, Sri Hastjarjo, S.Sos., Ph.D dan dilanjutkan sambutan dari Koordinator KKK, Firdastin Ruthnia Y., S.Sos., M.Si sekaligus memberi pemaparan panduan pelaksanaan KKK  & sistematika penulisan laporan magang kerja. Acara inti pembekalan KKK  menghadirkan tiga narasumber yaitu :1. Fadhil Ramadhan (mahasiswa ilmu komunikasi  2014) dengan minat utama jurnalistik; 2. Aziz kurniawan (mahasiswa ilmu komunikasi  2014) minat utama Public Relation dan Video; serta  3. Rahma Nur Fadhilah (mahasiswa ilmu komunikasi  2014) minat utama Advertising

Dengan menyelenggarakan kuliah magang atau secara kurikuler disebut sebagai Kuliah Kerja Komunikasi, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS akan mendapatkan banyak pengalaman praktik yang bersifat nyata, sehingga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong dunia pasca kampus, atau dunia kerja yang akan dijalaninya kelak di kemudian hari. (Maryani FISIP UNS)

print