Kine Klub Gelar Pesta Film Solo #8 “Suara Sinema”

Kine Klub Gelar Pesta Film Solo #8 “Suara Sinema”

Sesi diskusi dengan Hari Suharyadi dan Agung Sentausa, narasumber yang hadir dalam Pesta Film Solo #8 (Foto : Kine Klub)

Perkembangan perfilman dunia sangat mendorong generasi muda Indonesia  untuk ikut memproduksi film yang dinilai mampu bersaing dengan perfilman mancanegara, tetapi karena , minimnya akses ke penonton masih menjadi kendala  utama bagi produser film diIndonesia. Hal ini  berdam[pak pada munculnya layar-layar alternative  demi produksi film serta pemutaran film terhadap  film dari sineas muda yang terus bermunculan ini. Salah satu diantaranya yang digagas dalam Pesta Film Solo yang selalu digelar oleh salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) FISIP UNS Kine Klub FISIP UNS ini.

Tahun 2018 ini Kine Klub mengadakan Pesta film Solo #8 atau  biasa disingkat PFS #8 dengan tema “Suara Sinema”, yang digelar pada Kamis-Sabtu, 3-5 Mei 2018 di Teater Arena Budaya Jawa Tengah Solo, dan diikuti oleh masyarakat pecinta film dan  komunitas film di Soloraya dan sekitarnya. Menurut Ferlita Amelia Septy yang juga mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2016 menyampaikan bahwa pemilihan tema di PFS #8 dengan tajuk “Suara Sinema” ini diibaratkan sebagai suara dari para pembuat film atau filmmaker yang banyak meproduksi  film  yang ada dalam lingkup kehidupan masyarakat Indonesia, realita yang ada di masyarakat ataupun cita-cita dari para filmmaker itu sendiri.   Adapun bentuk kegiatan PFS #8 ini terdiri dari roadshow, pemutaran film, diskusi dan temu komunitas dengan menghadirkan narasumber seperti Tonny Trimarsanto, Richard Oh, dan Hari Suharyadi.

PFS #8 ini terselenggara agar dapat menjadi media apresiasi bagi kalangan pecinta film, para sineas hingga masyarakat umum yang berbeda serta dapat menjembatani  kesenjangan yang ada dalam produksi perfilman di Indonesia  serta mampu meningkatkan  budaya apresiasi terhadap karya film hasil karya anak negeri agar dapat terus berkarya dan memajukan perfilman tanah air. (Maryani FISIP UNS)

print