Prodi HI FISIP UNS Selenggarakan Studi Ekskursif

Prodi HI FISIP UNS Selenggarakan Studi Ekskursif

Peserta Studi Ekskursif saat berada di Kemenlu RI di Pejambon Jakarta (Foto : Prodi HI)

Kompetensi yang kontinyu  atas pengetahuan dan  wawasan baru dalam bidang hubungan internasional mengantarkan Program Studi Hubungan Internasional (Prodi HI)  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) menyelenggarakan Studi Ekskursif  ke para pemangku kepentingan (stakeholders) dalam bentuk kunjungan, diskusi, dan evaluasi pembelajaran dengan tema   yang diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa pada tanggal 23-27  April 2018.

Studi ekskursif  merupakan kunjungan studi  ke instansi Negara dan MNC/NGO/INGO yang diadakan bagi mahasiswa Prodi HI  FISIP UNS. Acara tersebut bersifat  terbuka bagi mahasiswa Prodi HI FISIP UNS dimana sebelumnya telah dilaksanakan   beberapa tahapan seleksi peserta. Studi ekskursif  ini meliputi pengenalan instansi yang dituju melalui seminar atau kuliah umum.

Menurut Ketua Pelaksana sekaligus Dosen HI Randhi Satria, S.IP,MA, tujuan dari studi ekskursif ini adalah menunjukkan kemampuan dan eksistensi Prodi HI FISIP UNS  ditingkat internasional, membuka wawasan mahasiswa dalam memahami soft power diplomacy  serta membangun relasi dengan instansi yang dikunjungi dan tak lupa  mendorong mahasiswa lulus lebih cepat sehingga tercapai persentase lulusan yang mendapatkan pekerjaan dalam enam bulan.

Masih menurut Randhi Satria,  instansi yang direncanakan akan dikunjungi  adalah  Transparansi Internasional Indonesia, Institute Perancis di Indonesia, BPPK Kementerian Luar Negeri  Indonesia, Kedutaan Besar Australia atau Amerika, Kemenko Maritim Indonesia serta Center for Strategic and International Studies (CSIS). (Maryani FISIP UNS)

print