PAMBES FFC 2018

PAMBES FFC 2018

Kehidupan masyarakat gunung, kota dan laut yang memiliki corak karakteristik beragam sebagai hasil dari interaksi  dengan lingkungan yang ada. Dan hal ini menarik salah satu unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret  (FISIP UNS) dengan  beupaya mengangkat karakteristik tersebut dalam sebuah Pameran Besar  PAMBES FFC 2018 yang akan dilaksanakan 24-27 April 2018 di Galeri Seni Masdon (ex Mekar Kusuma) Jl. Yosodipuro, Punggawan, Surakarta, akan ada banyak cerita foto yang  dipamerkan dalam cetakan resolusi tinggi.

Pameran besar (Pambes) merupakan salah satu agenda tahunan Fisip Fotografi Club, sebagai ajang bagi para anggota untuk mengekspresikan dan mempublikasikan karya-karya fotografi sesuai dengan tema yang telah disepakati bersama. Dan di Tahun 2018  mengambil tema seputar Kehidupan masyarakat gunung, kota dan laut. Masyarakat pegunungan, perkotaan dan pesisir pantai memiliki karakteristiknya masing-masing. Perbedaan karakteristik tersebut, merupakan hasil dari interaksi masyarakat dengan lingkungan tempat ia tinggal. Masing-masing masyarakat memiliki caranya untuk berinteraksi, yang kemudian diwujudkan dalam berbagai bentuk seperti adat istiadat, sistem kepercayaan, sistem dagang, sistem politik, dan sistem sosial.

Walaupun demikian, meskipun ketiga tempat tersebut  memiliki karakteristik demografi kehidupan yang berbeda, namun masyarakat dari ketiga daerah tersebut saling terikat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, baik kebutuhan batiniah dan lahiriah. Hubungan antar ketiga bentuk masyarakat yang berbeda ketinggian tempat tinggal tersebut memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Tradisi untuk merawat dan melestarikan kehidupan pun turut serta hadir sebagai warisan budaya leluhur. Dengan merawat budaya masyarakat juga diajarkan turut merawat alam lingkungan.

Menurut Harun, salah seorang panitia kegiatan pameran besar ini dikemas dalam  Gelar karya selama empat hari, pemberian materi materi oleh kurator foto  serta diselingi dengan acara hiburan. Selain itu ajang ini juga dimaksudkan    untuk mempererat ikatan silaturahmi anggota FFC UNS. dengan UKM dan komunitas fotografi di Surakarta dan Pulau Jawa serta upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap fotografi sebagai salahsatu media untuk menyampaikan pesan. (Maryani FISIP UNS) (Poster FFC)

Narahubung kegiatan (WA/LINE) 083145004537 – Harun  dan  (SMS/WA/LINE) 08562933171 – Faris

print