Nonton Bareng dan Diskusi Film, Produk Baru Pendidikan Masa Kini

Nonton Bareng dan Diskusi Film, Produk Baru Pendidikan Masa Kini

Jum’at, 20 April 2018, Program Studi Hubungan Internasional. Mahasiswa Hubungan Internasional (HI) FISIP UNS yang  menyelenggarakan sebuah kegiatan nonton bareng dan diskusi film dengan judul “Asimetris” karya Watch Documentary di ruang 2.1.7 FISIP UNS.  Kegiatan ini diinisiasi oleh pengampu mata kuliah Non-Government Organizations (NGOs), Muhnizar Siagian S.IP, M.I.Pol, yang berpendapat bahwa pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman, dan film merupakan salah satu media pembelajaran baru dalam dunia pendidikan, hal ini sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berubah dan berkembang.  Film  dapat diibaratkan sebagai salah satu miniatur kehidupan.

Dari film ini , para  mahasiswa diharapkan mampu belajar,  memahami, serta  menganalisis segala masalah yang mungkin terjadi, sehingga dapat menjadi bahan kajian dalam perkuliahan serta mampu mengedukasi para penontonnya. Dan Prodi Hubungan Internasional FISIP UNS sudah memulai pembelajaran baru ini dengan kegiatan nonton bareng dan diskusi film “Asimetris”  kepada mahasiswa  maupun masyarakat umum seperti yang disampaikan oleh Ferdian Ahya Al P salah seorang mahasiswa Prodi HI dalam press releasenya.

Film “Asimetris” yang diputar menceritakan bagaimana sawit diibaratkan seperti dua sisi pedang, yang satu memberikan manfaat ekonomi dan dilain sisi memberikan dampak kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, panitia menghadirkan dua pembicara, yaitu, Lukman Fahmi Djarwono, S.IP, M.Si, dan Muhnizar Siagian, S.IP, M.I.Pol, yang merupakan dosen program studi Hubungan Internasional FISIP UNS, untuk membedah film”Asimetris” dan tentunya untuk membuka diskusi bagi mahasiswa/peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut. Acara dibuka oleh perwakilan akademis program studi HI, Septyanto Galan Prakosos, S.IP, M.Sc yang juga merupakan dosen HI FISIP UNS. Kegiatan nonton bareng dan diskusi film ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa FISIP UNS dan perwakilan dari Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi yang  dikemas dengan penampilan musik dari mahasiswa HI (Faunakustik).

Kegiatan tersebut mendapat respon positif baik dari dosen maupun mahasiswa yang hadir. Dengan kegiatan yang diselenggarakan ini diharapkan nantinya mampu meningkatkan kreatifitas mahasiswa dan kepekaan terhadap isu-isu yang ada disekitar mahasiswa untuk kemudian membuat kegiatan sejenis yang dapat bermanfaat baik bagi mahasiswa, maupun masyarakat. (Maryani FISIP UNS)

print