Implementasi Manajemen Krisis PT Semen  Indonesia, Bekali Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Implementasi Manajemen Krisis PT Semen Indonesia, Bekali Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UNS

Dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar, Prodi Ilmu Komunikasi mengundang dosen tamu praktisi public relations (PR) dari PT Semen Indonesia Jakarta. Kuliah Pakar tersebut diselenggarakan Jum’at, 20 April 2018 pukul 08.00-11.00 di Ruang Seminar Gedung 1 Lantai 2 FISIP UNS. Dosen tamu yang berbicara di depan mahasiswa semester enam  Prodi Ilmu Komunikasi yang menempuh mata kuliah Public Relations 2 adalah  Agung Wiharto selaku General Manager  of Corporate Secretary PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.  dengan materi pembelajaran Implementasi Manajemen Krisis dalam PT Semen Indonesia.

Perkuliahan Public Relations 2 pada kurikulum Prodi Ilmu Komunikasi yang berkaitan dengan Manajemen PR, salah satunya adalah materi tentang manajemen krisis. PT Semen Indonesia yang pada saat ini menghadapi krisis dengan pendirian pabrik semen baru di Rembang bisa dijadikan sebagai contoh kasus bagaimana penangan krisis oleh perusahaan. Sehingga secara detail Corporate Communications bisa menjelaskan bagaimana dalam menangani krisis tersebut.

Menurut Agung Wiharto, hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola krisis adalah dari pihak internal perusahaan sendiri harus berada dalam koridor yang benar. Sehingga apabila krisis muncul, fakta di lapangan akan bisa ditunjukkan. Tahap-tahapan penyelesaian krisis pun akan bisa berjalan sesuai prosedur yang berlaku. Beberapa kegiatan yang berkaitan dengan ke-PR-an yang dilakukan oleh PT Semen Indonesia diantaranya adalah pelaksanaan PR Campign, Community Event, PR Program (Social Media iCon, Social Media Content) serta Media Mainstream lainnya. Selain itu, Program CSR di Rembang, Program Kemitraan juga merupakan beberapa hal yang dilakukan untuk menjalin hubungan yang baik serta  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut dosen pengampu matakuliah Public Relation Prodi Ilmu Komunikasi  FISIP UNS Tanti Hermawati, S.Sos,M.Si, dengan adanya kuliah pakar ini diharapkan setiap  mahasiswa tidak hanya menerima materi secara teoritis dari dosen di kelas, tetapi juga mendapatkan ilmu secara praktis dari praktisi PR  berbagai perusahaan  yang memiliki kompetensi  dibidang ke PR an yang dihadirkan oleh pihak fakultas maupun program studi  untuk mengisi perkuliahan dengan berbagai pengalaman di dunia kerja Public Relations. (Maryani  FISIP UNS)

print