Teras Sosiologi#5 : Diskusi dan Pemutaran Film  “Asimetris Ekspedisi Indonesia Biru”

Teras Sosiologi#5 : Diskusi dan Pemutaran Film “Asimetris Ekspedisi Indonesia Biru”

Laboratorium Sosiologi (Lab Sosiologi)  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS,  Senin 9 April 2018 telah  menyelenggarakan “Diskusi dan Pemutaran Film Asimetris”,  film dokumenter karya Watchdoc  yang menceritakan tentang kerusakan lingkungan Riau akibat ekspansi lahan kelapa sawit oleh perusahaan disana. Kegiatan ini  dilangsungkan di  Teras Lab Sosiologi  Gedung 4 Lantai 3 FISIP UNS, mulai pukul 14.00 WIB – 16.30 WIB, dengan narasumber Dra. Trisni Utami M.Si (Dosen Sosiologi FISIP UNS), Septyanto Galan Prakoso, S.I.P, M.Sc (Dosen Hubungan Internasional FISIP UNS), dan  Muhnizar Siagian, SIP. MA (Dosen Hubungan Internasional FISIP UNS) dipandu oleh Aghniya Halim, S.Sos (Tim Ahli Lab Sosiologi) selaku moderator. Dan dihadiri oleh mahasiswa UNS, baik Fisip maupun non-fisip.

Teras Sosiologi #5 ini  mengangkat tema yang menarik yaitu tentang perkebunan kelapa sawit yang dibungkus dengan tayangan  “ASIMETRIS, Ekspedisi Indonesia Biru”. Asimetris merupakan film dokumenter yang mengangkat isu lama untuk dikonsentrasikan kembali dalam diskusi. Asimetris memperlihatkan bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia menjadi kurang sejahtera karena lahan yang tergusur akibat penanaman kelapa sawit secara besar-besaran.

Acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan oleh Kepala Program Studi Sosiologi, Dr. Ahmad Zuber, D.E.A. dilanjutkan dengan paparan materi pertama yang disampaikan oleh Dra. Trisni Utami, M.Si, dosen Sosiologi Lingkungan, dimana pembahasan yang disampaikan banyak terkait dengan sisi hubungan antara masyarakat dan lingkungannya, selain dampak lingkungan, ada pula gesekan kepentingan yang menjadi salah satu contoh konflik sosial yang ada dibalik lahan Kelapa Sawit di Indonesia.

Paparan materi kedua oleh dosen Hubungan Internasional yakni Muhnizar Siagian, S.IP, MA. Nizar lebih menyoroti pengalaman di tanah kelahirannya yang turut serta dalam ekspansi lahan kelapa sawit, dan pembahasan isu dari sudut pandang sejarah dan sedikit menyentuh teori-teori sosiologi.dan beberapa hal mengapa  konflik lahan yang terjadi bisa bertahun-tahun lamanya, serta bagaimana  pemerintah berperan menangani konflik yang ada. Materi terakhir disampaikan  oleh dosen Hubungan Internasional Septyanto Galan Prakoso, S.I.P., M. Sc yang membahas isu serupa di ranah dunia. Galan menekankan bahwa, sudah sangat jamak membahas dampak lingkungan dari ekspansi lahan kelapa sawit terkait ‘Dampak _Beyond_ ‘ yakni kita lupa terhadap isu-isu semacam ini.

Menurut Wisnu, selaku penanggung jawab teras sosiologi #5. dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat memperbanyak  ajang diskusi terbuka baik untuk mahasiswa maupun sivitas akademik  sehingga dapat meningkatkan kecerdasan intelektual maupun analisisnya agar  dapat lebih berperan aktif dalam membuka wawasan masyarakat luas serta mampu menjadi  agen perubahan dalam masyarakat. Teras Sosiologi ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan untuk pemateri, dan foto bersama. (Maryani FISIP UNS) (sumber : Lab Sosio, Fiesta FM)

print