Discussion with Student  Pro Kontra Penggusuran PKL di Sekitar Taman Satwa Taru Jurug Surakarta

Discussion with Student Pro Kontra Penggusuran PKL di Sekitar Taman Satwa Taru Jurug Surakarta

 

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan menerapkan salah satu program kerjanya, Unit kegiatan mahasiswa CENSOR khususnya Divisi Diskusi telah melaksanakan kegiatan   Discussion with Student   dengan tema “Pro Kontra Penggusuran PKL di Sekitar Taman Satwa Taru Jurug Surakarta” yang dilaksanakan pada hari Senin, 9 April 2018 pukul 15.30 WIB yang bertempat di Ruang Seminar Fisip UNS dan dihadiri semua anggota CENSOR dengan narasumber diskusi Muhammad Shidiq Fathoni selaku Menteri Luar Negeri Badan Eksekutif Mahasiswa atau  BEM UNS.

Menurut Fikri Nur salah seorang pengurus CENSOR menyampaiakan bahwa dalam proses  diskusi kali ini, setiap  peserta dituntut untuk melakukan role play dan social engineering yaitu mereka menjadi phak-pihak yang terkait dan sekaligus dituntut untuk membangun argument sesuai dengan sudut pandang dari masing- masing kubu. Kegiatan ini nantinya akan membagi para anggota Censor FISIP UNS menjadi 5 pihak yang terkait dengan tema diskusi, yaitu oleh pihak pemerintah, masyarakat sekitar, PKL, mahasiswa, dan LSM. Acara diskusi kali ini diawalai dengan pemaparan materi oleh Sdr. Shidiq.

Di dalam pemaparan materi juga dijelaskan bagaimana kronologis permasalahan dari penggusuran PKL tersebut dari mulai latar belakang masalah hingga proses penyelesaian masalah. Setelah pemaparan materi, ke-5 peserta diberi waktu untuk menyusun argument masing-masing sesuai dari kubu yang sudah ditentukan. Penyampaian argumentasi diawali dengan argument dari  kubu PKL, Mahasiswa, LSM, Masyarakat, kemudian Pemerintah. Kemudian dilanjutkan dengan adu argumen dan saling bertanya antara ke-5 kubu tersebut. Setelah ke-5 kubu tersebut saling Tanya jawab selanjutnya dilakukan dengan pembacaan kesimpulan dan closing statement oleh pembicara.

Lebih jauh Fikri menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan diskusi ini yaitu untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai keadaan masyarakat lingkungan sekitar serta membantu memberikan solusi bagi semua pihak terkait penggusuran PKL di sekitar Taman Satwa Taru Jurug di Surakarta dengan adanya sinergi dari mahasiwa agar masalah tersebut tidak merugikan semua pihak. (Maryani FISIP UNS) (foto : Fikri)

print