Workshop Kurikulum dalam persiapan AUN-QA Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret

Workshop Kurikulum dalam persiapan AUN-QA Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret

Sebagai upaya pengembangan program pendidikan berkualifikasi internasional, Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS menyelenggarakan Workshop Kurikulum  dalam persiapan AUN-QA Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret, Senin, 19 Maret 2018 di Hotel Sahid Jaya yang dihadiri oleh Pimpinan Fakultas, pimpina Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS, perwakilan mahasiswa , perwakilan alumni dan pengguna alumni prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS.

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS, Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni menyampaikan dalam upaya mencapai program studi yang yang berstandar internasional maka pengembangan kurikulum Program Studi perlu dilakukan, hal ini berguna dalam mengantisipasi perkembangan ilmu  khususnya terkait paradigma Ilmu administrasi negara dan teknologi serta perkembangan masyarakat terutama di dunia kerja . Disamping itu  juga sebagai upaya mempercepat masa studi dan meningkatkan kualitas kompetensi lulusan. Untuk itulah dalam melakukan Peninjauan Kurikulum Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS diperlukan pemikiran bersama antara dosen, mahasiswa, praktisi dan alumni dalam forum tersebut. Tak Lupa Prof Ismi juga mengucapkan terimakasih  kepada para alumni dari Bidang Birokrasi yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar Drs. Syamsi, M.Si dan dari kalangan akademisi Universitas Terbuka Jakarta Dr. Darmanto, M.Si yang telah ikut berpartisipasi dalam workshop kurikulum Prodi Ilmu Administrasi Negara ini.  

Sedangkan menurut Kepala Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS, Dr. Kristina Setyowati, M.Si, tujuan peninjauan kurikulum dari Prodi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS merupakan salah satu bentuk pemantapan formulasi profil lulusan, penyusunan dokumen kurikulum, penyusunan dokumen kurikulum baru,  pengevaluasi dan kegiatan harmonisasi  rencana pembelajaran semester (RPS)    dan penyusunan rencana pembelajaran semester  sesuai  dengan format yang berlaku.

Lebih Jauh Beliau menyampaikan bahwa upaya revitalisasi kurikulum Program Studi Administrasi Negara FISIP UNS telah dilakukan dari tahun 2012, 2015 dan 2017, akan tetapi masih terbatas pada formulasi kompetensi dan identifikasi bahan-bahan kajian yang relevan. Hadirnya Surat Keputusan Ketua Asosiasi Ilmu Administrasi Negara/Publik Indonesia Nomor : 013/Ka.IAPA/ Kep/Kp/ 2012 tentang Penetapan Konten Kurikulum  Matakuliah Intl Nasional pada Program Studi Administrasi Negara /Administrasi Publik/Manajemen Kebijakan Publik Jenjang S1; Surat Keputusan Ketua Asosiasi Ilmu Administrasi Negara/ Pubilk  Indonesia Nomor 004 /Ka.IAPA/kep/KP/2011 tentang Penetapan Matakuliah Inti Nasional Dan Gelar  Lulusan Pada Program Studi Administrasi Negara/Pubiik Jenjang S1; dan Surat Keputusan Ketua  Asosiasi Ilmu Administrasi Negara/Publik Indonesia, Nomor Nomor 004 /Ka.IAPA/kep/KP/2015 Tentang KKNI mau tidak mau memberi konsekuensi terhadap pengembangan kurikulum di Program Studi Administrasi Negara UNS.

Dalam peraturan perundangan yang berlaku,  kurikulum harus memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan Iainnya yang  mendukung tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum juga harus  memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung Pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. (Maryani FISIP UNS)

print