Delegasi FISIP UNS Ikuti Ajang NTUMUN di Singapura

Delegasi FISIP UNS Ikuti Ajang NTUMUN di Singapura

Nanyang Technological University Model United Nations atau disingkat NTUMUN merupakan salah satu model United Nations yang menyelenggarakan kegiatan simulasi sidang Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) bagi generasi muda. Tanggal 23-25 Februari 2018 telah diselenggarakan NTUMUN untuk yang ke-12 kali di Nanyang Executive Center, NTU, Singapore dan ajang ini merupakan salah satu agenda Debate Society dari NTU yang diadakan setiap tahunnya.

Salah satu kesempatan emas diperoleh salah satu mahasiswa dari FISIP UNS untuk mengikuti kompetisi tersebut. Mahasiswa ini bernama Intan Tawaddada Ilaiha dari Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan  2016. Dalam ajang tersebut terdapat 12 council yang mengikuti ajang  NTUMUN ini diataranya yaitu, Arab League, Ecosoc, UNSC, Sochum, Crisis Committee, dan masih banyak lagi. Intan sendiri terdaftar dalam Social, Humanitarian, and Culture Committee yang membahas tentang Child Labor (pekerja anak) dan Modern Day Slavery (perbudakan di jaman sekarang).

Menurut Intan, sebelum pelaksanaan kegiatan dimulai, semua peserta mendapatkan study guide (panduan dan kasus) sesuai dengn council yang mereka dapatkan dan diumumkan  tanggal pengumpulan position paper. Position paper adalah sebuah esai singkat tentang pandangan negara yang direpresentasikan terhadap kasus yang dibicarakan dalam council. Hal ini sebagai acuan bagi  para juri untuk mengetahui bagaimana sudut pandang peserta sesuai dengan negara yang mereka representasikan.

Acara Nanyang Technological University Model United Nations ini sendiri diikuti oleh  300 peserta dari 20 negara yang berbeda, dan di council Social, Humanitarian, and Culture Committee  sendiri terdapat sekitar 30 peserta yang berasal dari Indonesia, Singapura, Taiwan, Hongkong, China, Pakistan, Malaysia, Jerman dan India. Walaupun belum berhasil mendapat penghargaan di awarding night, tetapi Intan telah membuktikan bahwa mahasiswa FISIP UNS dapat berprestasi diajang internasional dengan mendapat gelar verbal commandation yaitu  sedikit lagi berhasil untuk meraih penghargaan. Selamat ya Intan… terus berkarya.. (Maryani FISIP UNS)

print