Kuliah Pakar Public Relations PT Pertamina (PERSERO) RU II

Kuliah Pakar Public Relations PT Pertamina (PERSERO) RU II

Dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar, Prodi Ilmu Komunikasi menyelenggarakan Kuliah Pakar dengan menghadirkan dosen tamu CSR Officer PT Pertamina (Persero) RU II, Miftah Farid Widagdha, S.I.Kom, CPR. CH. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Jum’at, 16 Maret 2018 di Ruang Seminar FISIP UNS pukul 09.00-11.00 WIB. Miftah Farid Widagdha juga alumni FISIP UNS angkatan 2010 lahir di Surakarta 21 November 1993.

Tema kuliah ini  diikuti oleh mahasiswa semester 6 yang menempuh mata kuliah spesialisasi PR 2  dan mahasiswa  transfer  2017  Prodi Ilmu Komunikasi  yang ingin mengetahui  tentang Implementasi CSR di PT Pertamina (Persero) RU II. Dalam materi kuliahnya, Miftah selaku CSR Spesialist Officer, menjelaskan tentang CSR Communication: Urgency   of Participatory Approach  dimana  keberadaan PR sangat penting dalam perusahaan. Kemampuan komunikasi dalam menyampaikan program-program CSR perusahaan kepada masyarakat sangat dibutuhkan. Hal ini merupakan peluang yang besar bagi mahasiswa lulusan komunikasi dalam pengembangan karir di bidang PR-an.

Selain memberikan materi tentang Corporate Social Responsibility, Miftah juga berbagi pengalaman dengan mahasiswa mengenai perkembangan dunia PR saat ini, khususnya berkaitan dengan CSR. Saat ini CSR digambarkan mengalami perkembangan yang sangat pesat mulai dari CSR 1.0 tentang image building, CSR 2.0 tentang Stakeholder involvement, CSR 3.0 tentang Perticipatory engagement dan  kini saatnya mengarah pada CSR 4.0 tentang Creating shared value.

Menurut Tanti Hermawati, S.Soss, M.Si, dengan kuliah pakar ini, diharapkan mahasiswa, selain memperoleh materi perkuliahan secara teoritis di kelas, juga mendapatkan ilmu secara praktis dari para praktisi PR dari berbagai perusahaan untuk dihadirkan ke kampus, sehingga kebutuhan antara teori dan praktek dalam mata kuliah spesialisasi dapat terpenuhi. (Maryani FISIP UNS)

print