BEM FISIP Selenggarakan Debat Ilmiah Lintas Prodi

1Rabu dan Kamis, 11-12 Mei 2016 pukul 13.00-17.00 telah dilangsungkan lomba Debat Spectrum yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Acara berlangsung meriah dan penuh intrik untuk saling mendebat terhadap suatu tema yang telah dipilih secara acak oleh para peserta debat dalam satu sesi debat.  Spectrum merupakan singkatan dari “Social Political Education & Sport Tournaments” suatu event yang diselenggarakan BEM FISIP untuk mengakrabkan elemen mahasiswa FISIP UNS dari berbagai program studi dan angkatan melalui kegiatan yang bersifat akademik maupun olah raga.

Dalam lomba debat ini ada delapan kelompok debat yaitu perwakilan  mahasiswa  Ilmu Komunikasi angkatan 2015, Mahasiswa Hubungan Internasional angkatan 2015 dan 2014, Mahasiswa Manajmen Administrasi 2014 dan 2015, Mahasiswa Administrasi Negara 2014,  mahasiswa Public  Relations 2014 dan mahasiswa Sosiologi 2015. Dari delapan kelompok debat spectrum tersebut  dibagi menjadi empat kali sesi debat  pro dan kontra.  Banyak tema diangkat dalam debat tersebut antara lain tentang Kepemimpinan wanita, syarat wajib kelulusan sebagai mahasiswa di FISIP UNS, festival dan event besar di Kota Surakarta, peran pemuda dalam pembangunan serta banyak tema lagi lainnya yang diambil oleh peserta debat  secara acak.4

Hadir sebagai dewan juri acara debat spectrum tersebut yaitu Dr. Didik G. Suharto, M.Si , dari Dosen Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS, Setyanto Galan P, S.I.P, M.Sc dosen dari Program Studi Hubungan Internasional  FISIP UNS dan Kristin, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS. Beberapa kriteria penilaian Dewan Juri menyangkut penguasaan teori, penguasaan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, cara menyampaikan gagasan, etika, kerjasama tim dan solusi terhadap persoalan yang dihadapi.

Selain acara debat dalam Spectrum ini juga ada beberapa jenis kegiatan dalam bentuk loma essay dan desain yang mengangkat tema “Indonesia 30 tahun Kedepan Akan Seperti Apa” , lomba futsal, serta lomba basket yang dilaksanakan mulai tanggal 11-13 Mei 2016 di GOR UNS dan lapangan Basket Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS. Selain beberapa hadiah  yang akan diperebutkan dalam perlombaan ini juga akan ada piala bergilir dari Dekan FISIP UNS. (Maryani Humas)

print