Tak Bosan Berkarya , Salah Satu Mahasiswa FISIP Kembali  ke Jepang

Tak Bosan Berkarya , Salah Satu Mahasiswa FISIP Kembali ke Jepang

Salah satu mahasiswa FISIP UNS kembali unjuk gigi dikancah internasional dalam Symposium dan magang wwoofer  bersama beasiswa Bakti Nusa di Negara Jepang  mulai tanggal  27 Januari -7  Pebruari 2018. Nama mahasiswa tersebut adalah Maflahah atau biasa disapa dengan Imaf  dari Prodi Sosiolog FISIP UNS.

Dalam  kegiatan tersebut Imaf  selain mengikuti symposium bersama dengan 18 PTN di Indonesai yang menjadi mitra Beasiswa  Aktivis Nusantara atau biasa disingkat Bakti Nusa dengan universitas lainnya di dunia  akan belajar  bersama dengan  keluarga dari masyarakat  jepang secara  langsung dan upaya penjajakan belajar  program pascasarjana atau S2 di luar negeri Khususnya  di Negara Jepang . 18 kampus Indonesia  yang terpilih  menjadi mitra Bakti  Nusa tersebut adalah Universitas Sriwijaya Palembang, ( UNSRI) , Universitas Negeri Jakarta (UNJ ), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB) Institut Teknologi Bandung (ITB) , Universitas Padjajaran (UNPAD) Universitas Pendidikan (UPI) Jakarta, Universitas Gajah Mada Yogyakarta (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Institut Teknologi Surabaya (UNS), Universitas Sebelas Maret  (UNS), Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (UNESA),Universitas Diponegoro ( UNDIP) Semarang, Universitas Negeri Semarang (UNES), Universitas Brawijaya (UB)  Universitas Negeri Malang (UM)  dan Universitas Tanjungpura  (UNTAN) Pontianak.

Beasiswa Aktivis Nusantara  merupakan program investasi sumber daya manusia yang diberikan kepada para aktivis mahasiswa di berbagai bidang yang bertujuan membentuk negarawan pemimpin, berkarakter, kontributif, dan berprestasi. Beasiswa Aktivis Nusantara atau Bakti Nusa diwujudkan dalam tiga bentuk kegiatan. Pertama, pemberian dukungan aktivitas setiap bulan dan dukungan aktivitas dalam dan luar negeri. Kedua, fasilitas pengembangan diri, yakni pelatihan dan pembinaan. Pelatihan terdiri atas pembangunan karakter, pelatihan kepemimpinan, pelatihan kepenulisan, pelatihan komunikasi publik, dan training values. Pembinaan terdiri atas pembinaan aktivis, yakni pendampingan kepemimpinan praktis oleh fasilitator yang meliputi aspek agama, kepemimpinan, keterampilan manajerial, akademik, dan sosial yang juga berperan sebagai sarana berbagi, pemantauan, dan evaluasi bagi peserta program oleh fasilitator. Bakti Nusa juga  merupakan program pengembangan kepemimpinan bagi aktivis mahasiswa untuk membentuk pemimpin berkarakter dan kompeten yang berperan aktif di tengah masyarakat demi terwujudnya Indonesia berdaya.

Imaf memang terkenal aktif dalam berbagai kegiatan sosial baik dikampus maupun luar kampus terutama terkait  permasalahan perkotaan. Imaf juga pernah mewakil UNS dalam  dalam HISAS 2015 di Jepang, pernah  menang  Lomba LKTI  di UNiversitas Andalas dan juga sebagai pioneer dan volunteer dalam  @griyaschizofren dan @youthproject.id  yang pernah menjadi salah satu acara Inspirasi Indonesia O Channel di Indosiar bersama  Triana Rahmawaty yang juga alumni Sosiologi FISIP UNS. Selamat Imaf… Teruslah  Berkarya…. (Maryani FISIP UNS)

print