Persiapkan Akreditasi Institusi, FISIP Selenggarakan Lokakarya Finalisasi Akreditasi Program Pascasarjana

Persiapkan Akreditasi Institusi, FISIP Selenggarakan Lokakarya Finalisasi Akreditasi Program Pascasarjana

Kaprodi Sosiologi Dr. Argyo Demartoto, M.Si saat mempresentasikan draf Prodi S2 Sosiologi

Dalam buku naskah akademik Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi, dijelaskan bahwa akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan, dimana  proses evaluasi dan penilaian  akreditasi institusi ini dilaksanakan   oleh tim asesor yang terdiri atas pakar yang memahami hakikat pengelolaan perguruan tinggi dengan berdasarkan  Undang-undang RI  Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 60 dan 61). Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen (Pasal 47) Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Pasal 86,87, dan 88). Peraturan Menteri Pendidikan  Nasional RI Nomor 28 Tahun 2005 tentang  Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

Akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tataran kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi dan program studi lain serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna produk program perguruan tinggi untuk memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik oleh suatu badan atau lembaga yang memiliki kewenangan untuk  mengevaluasi dan menilai  serta menetapkan status dan peringkat mutu institusi perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan yaitu BAN-PT.

Akreditasi institusi perguruan tinggi sendiri memiliki tujuan dan manfaat yaitu pertama memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar; kedua mendorong perguruan tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi; dan ketiga hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi lain.

Dalam proses akreditasi sangat dibutuhkan adanya borang institusi. Borang  institusi ini ibarat potret sebuah informasi yang penting dan sangat dibutuhkan dan harus tersaji secara valid dan akurat. Dan untuk melakukan penyusunan dan update bermacam-macam informasi dalam dokumen borang institusi perlu dilakukan  komunikasi  dan validasi data dari berbagai pihak terkait, agar informasi dalam  borang tersebut benar-benar valid dan bisa dipakai sebagai rujukan dari fakultas dalam pengambilan kebijaksanaan terkait proses akreditasi institusi ini.

Tahun 2017 Program pascasarjana Prodi Magister Administrasi Publik (MAP) dan Prodi S2 Sosiologi FISIP UNS  akan melaksanakan akreditasi ulang itu sehingga perlu dibentukl sebuah tim POKJA guna menyusun borang institusi pascasarjana FISIP  UNS tahun 2017 serta perlu adanya kegiatan lokakarya penyusunan borang institusi  pascasarjana tahun 2017.

Kegiatan lokakarya dengan tema “Finalisasi  Borang Institusi Pascasarjana FISIP UNS”,  dilaksanakan Jum-at hingga Sabtu, tanggal 10-11 November 2017 di Hotel Nava Tawangmangu Karanganyar dan diikuti oleh oleh pimpinan fakultas, tim jaminan mutu fakultas, Kepala Prodi Pascasarjana  FISIP UNS, pejabat  struktural fakultas  dan tim akreditasi institusi program pasca sarjana FISIP UNS.

Prof Ismi (Dekan ) dan Wakil Dekan Bidang Akademik saat membuka lokakarya Borang Institusi di Hotel Nava Tawangmangu

Dalam sambutannya Dekan FISIP UNS Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si berpesan  bahwa borang istitusi merupakan rangkaian potret infoormasi FISIP UNS untuk itu harapan terhadap bekerja cepat dan cerdas merupakan suatu keharusnn, Dengan menggunakan acuan dan melihat kisi-kisi  serta mengusahakan mencapai nilai standar maksimal perlu diusahakan. Dari beberapa pengisian standar tersebut Beliau berharap hasil draf pembahasan awal hingga dibawa kefiorum pleno lokakarya  serta dengan berberapa review yang dilakukan secara bersama ini akan dapat menghasilkana borang institusi dan borang program studi pasca sarjana yang sesuai dengan standar pengisian yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). (Maryani FISIP UNS)

print

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *