Smart City,  Harapan dan Tantangan…

Smart City, Harapan dan Tantangan…

Tekanan jumlah penduduk dari waktu ke waktu telah membuat berbagai kota di dunia menghadapi berbagai macam persoalan yang kurang lebih sama, antara lain peningkatan polusi, keterbatasan sumber daya, keterbatasan sarana prasarana, tata kelola lingkungan yang buruk, kebijakan pemerintah yang kurang efisien, serta tuntutan pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.

Seiring perkembangan teknologi informasi, digitalisasi dalam bentuk adaptasi teknologi dan konektivitas internet ke dalam tata kelola kota diharapkan mampu mengatasi berbagai macam persoalan tersebut melalui peningkatan efisiensi, inovasi, produktivitas, perluasan jangkauan dan penghematan biaya.

Maka dari itu Mahasiswa Prodi Sosiologi FISIP UNS yang mengambil matakuliah Sosiologi Perkotaan dengan bimbingan Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si    melaksanakan penelitian mengenai smart city and urban crisis di kota Surakarta ini  dalam rentang waktu dua bulan dan hasil dari penelitian tersebut  telah  dipaparkan dalam Seminar Nasional dan Konferensi Sosiologi Perkotaan dengan tema “SMART CITY AND URBAN CRISIS” . Dalam Seminar , hadir sebagai narasumber : (1) Luhur Fajar Martha, M.SE  (Peneliti Litbang Kompas); (2) Dra. Rahesli Humsona, M.SI (Dosen Sosiologi FISIP UNS); (3) Dr. Sutanto  Sastraredja,  S.SI (Ahli dan Praktisi Smart City serta Dosen Fakultas MIPA) serta (4) Vera Safitri bertindak sebagai Pemateri Riset.

Sedangkan untuk pelaksanaan konferensi sendiri terkait samart city diikuti oleh 59 peserta yang terbagi dalam 26 kelompok mahasiswa yang berasal dari 15 universitas yaitu Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Padjadjaran Bandung, Universitas Sumatera Utara Medan , STITEK Balik Diwa Makassar, Universitas Hasanudin Makassar, Institut Pertanian Bogor,  IAIN Salatiga, STAIN Kediri,  Universitas Negeri Semarang, Universitas Brawijaya Malang, Univeritas Telkom Bandung dan Universitas Sebelas Maret sendiri.

Menurut Khusnul salah seorang panitia maksud dilaksanakan seminar nasional dan konferensi ini adalah untuk memaparkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan terkait smart city and urba crisis di kota Surakarta sendiri, sehingga dapat meningkatnya awareness masyarakat mengenai konsep ini. Sasaran nya adalah mahasiswa universitas se Indonesia, khususnya kota Solo. Acara ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Sosiologi UNS angkatan 2015, untuk memenuhi rangkaian mata kuliah Sosiologi Perkotaan. Hasil yang kami harapkan dengan adanya acara ini adalah dikenalnya konsep Smart City oleh mahasiswa, dan mengetahui rasionalitas masyarakat terhadap aspek-aspek smart city. (Maryani FISIP UNS)

print