Rencanakan Target Kinerja 2018, FISIP Selenggrakan Workshop Percepatan Pencapaian KPI 2018

Key Performance Indicator (KPI)  atau Indikator Kinerja Utama (IKU) merupakan suatu penggambaran target kinerja suatu organisasi/institusi yang dapat  memberikan informasi  lengkap dan bisa dimanfaatkan untuk  mengetahui posisi  suatu institusi dengan institusi lain baik dalam maupun luar negeri terkait standar kinerja yang telah ditetapkan sebelumnya termasuk didalamnya kinerja dalam perguruan tinggi.

Salah satu rujukan yang bisa jadi bahan pertimbangan kuat dalam perguruan tinggi adalah indikator kinerja yang digunakan dalam ranking universitas tingkat dunia seperti Times Higher Education dan  The QS World University Rankin,  walaupun memang  itu bukan satu-satunya  indicator terbaik  tetapi  dapat  menunjukkan kinerja  alat ukur yang valid dan  lebih baik.  Universitas  Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu universitas di Indonesia juga sudah menetapkan  target  KPI / IKU baik dalam jangka pendek, menengah dan panjang  melalui bentuk rumah kegiatan (Rumah K mulai dari K01-K31)  yang mencakup kinerja pembelajaran  dan kemahasiswaan, kinerja riset dan pengabdian pada masyarakat serta Kinerja terkait tata kelola kelembagaan.

Untuk menentukan target kinerja utama tahun 2018 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP UNS) sebagai salah satu fakultas di UNS, Sabtu, 25 November 2017,  kemarin menyelenggarakan workshop strategi percepatan pencapaian key performance indicator (KPI) FISIP UNS tahun 2018 yang diikuti oleh pimpinan fakultas, program studi, tenaga pendidik dan kependidikan FISIP UNS,  yang diharapkan dapat bersama mewujudkan pencapaian KPI/IKU  FISIP UNS di tahun 2018 yang akan datang.

Dalam paparannya Dekan FISIP UNS, Prof Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si menyampaikan banyak hal  terkait  Bidang Akademik seperti program studi beserta akreditasinya, kualitas dosen dalam jenjang kepangkatan dan  jabatannya serta dalam  produktivitas  dalam  riset dan publikasi baik ditingkat nasional maupun internasional,  Bidang Kemahasiswaan terkait dengan jumlah mahasiswa dalam dan luar negeri, prestasi dan karya mahasiswa,  jumlah mahasiswa asing, prestasi mahasiswa, beasiswa yang ada,  serta Bidang Umum dan Keuangan  terkait  tata kelola  sarana dan prasana yang ada dan perencanaan strategi pencapaian KPI FISIP UNS di tahun 2018 nanti.

Dalam kesempatan tersebut semua kepala prodi  baik dari Prodi Diploma, Prodi S1, Prodi S2 dan Prodi S3 diminta menyampaikan paparan perencanaan target kinerja dimasing-masing Prodi di Tahun 2018 sekaligus menandatangani komitmen target kinerja prodi berdasarkan target kinerja yang telah digariskan oleh FISIP  dan UNS. Selain itu dukungan para tenaga kependidikan dalam berkontribusi terhadap tata kelola bidang administrasi yang baik juga sangat dibutuhkan. Untuk itu  semua tenaga kependidikan FISIP UNS juga diminta untuk berkomitmen terhadap Kepala Sub Bagian masing-masing agar dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: