Tindaklanjuti Kolaborasi Kerjasama Riset, 2 Dosen FISIP UNS Berkunjung ke Ke Amerika

Penandatanganan MoU dengan Warren Wilson College

Pada tanggal 30 Oktober sampai dengan 8 November dua dosen  pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret (FISIP – UNS) Prof Dr Ismi Dwi Astuti Nurhaeni M.Si dan Rino A Nugroho Ph.D menghadiri undangan mengajar dari dua universitas di Amerika Serikat, Warren Wilson College, Ashville, North Carolina dan Belmont University, Nashville, Tennessee. Kunjungan ke Warren Wilson College merupakan tindak lanjut dari kerjasama FISIP UNS dengan School of Sociology and Anthropology yang sudah terjalin sejak tahun 2016. Sedangkan kunjungan ke Belmont University merupakan kunjungan pertama kali, sebagai hasil dari kunjungan salah satu staff pengajar universitas tersebut yaitu Dr Qing Jun Li ke FISIP UNS pada pertengahan 2017.

Prof Ismi D A Nurhaeni memberikan kuliah di Warren Wilson College

Menurut Rino Ardhian N, Ph.D, dalam pres releasenya menyampaikan bahwa  dalam  kesempatan itu  selain menyampaikan kuliah tentang Gender dan Pembangunan di negara berkembang oleh  Prof Ismi yang biasa disapa  sekaligus  yang menjabat sebagai Dekan FISIP UNS juga berkesempatan untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Warren Wilson College sebagai upaya untuk meningkatkan kerjasama tahun lalu yang masih berupa Letter of Intent (LoI). Selain hal tersebut kedua belah pihak yaitu UNS dan Warren Wilson College juga berencana  menambah kerjasama baru yaitu kerjasama riset internasional dan pengiriman mahasiswa antara kedua universitas untuk melakukan studi baik dalam jangka panjang maupun pendek.

Sedangkan Rino A Nugroho, Ph.D di Warren Wilson College memberikan penjelaskan tentang kehidupan mahasiswa di Indonesia sebagai pra kondisi apabila  ada mahasiswa dari Warren Wilson College  yang nantinya akan berkunjung sekaligus  menjadi mahasiswa short maupun long program di  UNS nantinya.  Selain itu beliau juga memberikan kuliah tentang pendekatan penelitian mixed method dan electronic government di negara berkembang.

Rino A Nugroho saat memberikan kuliah di Belmont University

Pada tanggal 5 November 2017  kedua dosen dari FISIP UNS  Prof Ismi dan Rino Ph.D, melakukan kunjungan  ke Kota Nashville dimana Belmont University berada. Acara pertama adalah dinner meeting pada hari yang sama untuk membahas mengenai posisi kedua universitas secara umum. Pada tanggal 6 November 2017 kedua staff pengajar UNS memberikan kuliah di dua kelas yang berbeda. Para mahasiswa memenuhi ruangan yang digunakan untuk sekitar 70 mahasiswa. Setelah perkuliahan berakhir dilakukan pertemuan dengan International Study Program di Belmont University untuk membahas peluang kerjasama antara kedua universitas. Pertemuan diakhiri pada tanggal 7 November 2017 dengan rapat singkat untuk menentukan program yang dapat ditindaklanjuti oleh kedua belah pihak. Beberapa peluang kerjasama akademik antara dua universitas adalah dikirimkannya mahasiswa masing-masing universitas ke universitas lainnya baik dengan skema pengakuan kredit semester (credit transfer) maupun skema non-pengakuan kredit (non-credit transfer). Tanggal 8 November 2017 Beliau berdua meninggalkan USA dan sampai di Indonesia pada 10 November 2017. (Maryani FISIP UNS)

print

Share This: